Pusat bantu Pessel hibah dana air minum

id program SPAM,berita pessel,pemkab pessel,berita sumbar

Pusat bantu Pessel hibah dana air minum

Ilustrasi - Air bersih. (Foto Antara/Dok)

Painan (ANTARA) - Pemerintah pusat melalui kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang RI memberikan bantuan berupa dana hibah sebesar Rp9,9 miliar yang diperuntukkan bagi pemenuhan ketersediaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan pengelolaan limbah individual di tengah masyarakat.

Kepala Dinas PU Pessel Devitra melalui Fungsional Perencanaan Edison Danil mengatakan, program tersebut merupakan lanjutan dari program pemerintah terhadap daerah yang peduli dalam meningkatkan kapastias produksi air bersih untuk kebutuhan warganya.

"Kita terima sekitar Rp9,9 miliar untuk pembangunan dan perluasan SPAM dan pembangunan tangki septic skala individual," terang Edison Danil di Kantor Dinas PUTR di Sago, Selasa (21/6).

Ia menjelaskan, dana hibah didapat melalui sharing anggaran Kementerian PUPR ke Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan program SPAM dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal.

Program tersebut selain untuk peningkatan keterjangkauan SPAM di daerah, juga menata pengelolaan limbah cair di pemukiman padat penduduk.

"Baseline sudah keluar awal bulan Juni, mungkin paling lambat Juli sudah berjalan," terangnya