Rumah BUMN PLN Dharmasraya gelar pelatihan go digital, tingkatkan produktifitas UKM

id PLN, Rumah BUMN, pelatihan UKM Dharmasraya

Rumah BUMN PLN Dharmasraya gelar pelatihan go digital, tingkatkan produktifitas UKM

GM PLN Sumbar Toni Wahyu Wibowo memberi arahan pada pembukaan pelatihan bagi UKM binaan Rumah BUMN di Dharmasraya. (ANTARA/HO-PLN)

Pulau Punjung (ANTARA) - Bantu Usaha Kecil Menengah (UKM) tingkatkan produktivitas, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar gelar pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Hadir sebagai peserta 32 UKM yang tergabung dalam UKM binaan Rumah BUMN Dharmasraya bertempat di Aula Kantor Bupati, Jumat.

Rumah BUMN merupakan program inisiasi Kementerian BUMN sebagai langkah kolaborasi BUMN untuk membentuk rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM untuk tumbuh bersama menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

PLN Sumbar sendiri memiliki UKM binaan dengan total 85 UKM dari Rumah BUMN Pasaman dan Rumah BUMN Dharmasraya. UKM-UKM ini bergerak dalam pengolahan produk makanan kemasan, kuliner lokal, penyedia jasa jahit, produksi batik, dan beberapa lainnya.

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menginformasikan, kegiatan pelatihan ini merupakan turunan dari program Rumah BUMN.

''Sejalan dengan kemajuan teknologi, Rumah BUMN harapannya dapat menjadi wadah dalam membentuk komunitas yang melek teknologi dan paham terhadap digital economy ecosystem," lanjutnya.

Menjawab harapan tersebut, pelatihan ditaja dengan mengangkat tema "Optimalisasi Produktivitas UKM Melalui Go-Digital dan Kemasan Produk".

Kadis Koperindag Dharmasraya Roni Puska mengapresiaai inisiatif PLN untuk menaja kegiatan ini. Seraya berharap program-program yang menuju pengembangan UKM dapat terus dilakukan.

"Bapak/Ibu peserta UKM harapannya memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan mengikuti dengan serius. Mari kembangkan UKM Bapak/Ibu dengan manajemen pemasaran, jadilah UKM naik kelas dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi," sampainya.

Nurlan, pengelola Rumah BUMN Pasaman yang diundang sebagai instruktur menyampaikan, UKM merupakan tiang perekonomian bangsa, maka melatih penggerak UKM sama dengan menggerakkan perekonomian.

"Sejak saya bergabung, Rumah BUMN hadir murni untuk peningkatan UKM. Rumah BUMN memiliki program-program yang jelas untuk membantu bisnis kecil tumbuh. Semoga melalui pelatihan ini kapasitas dan kapabilitas UKM yang hadir dapat semakin baik," lanjut Nurlan.

GM PLN Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengalungkan tanda peserta pelatihan bagi UKM binaan Rumah BUMN di Dharmasraya. (ANTARA/HO-PLN)


Menyinggung kemajuan teknologi, tak lupa Toni menyampaikan bahwa PLN turut memfasilitasi sarana jual beli online atau marketplace melalui fitur.

"Fitur Marketplace adalah wadah pemasaran online yang awalnya kami tuju untuk UKM mitraan PLN untuk menjual dan mempromosikan produknya. Namun kini berbagai UKM maupun bisnis menengah sudah bergabung pada Marketplace PLN Mobile" ungkapnya.

Marketplace adalah peluang dari kendala keterbatasan penjualan karena kurangnya media promosi dan publikasi. "Kini semua bisa dilakukan dengan online, melalui genggaman. Maka mari Bapak/Ibu, olah produknya, kemas dengan menarik, urus perizinannya, dan pasarkan melalui Marketplace PLN Mobile.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2022