KPU Bukittinggi siap laksanakan tahapan Pemilu Serentak untuk lahirkan pemimpin berkualitas

id KPU Kota Bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar,Pemilu 2024

KPU Bukittinggi siap laksanakan tahapan Pemilu Serentak untuk lahirkan pemimpin berkualitas

Tahapan Pilkada di Bukittinggi (Antara/HO-KPU Bukittinggi)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - KPU Kota Bukittinggi Sumatera Barat menyatakan kesiapan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang untuk melahirkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas.

Komisioner KPU Bukittinggi, Benny Aziz mengatakan proses peluncuran secara resmi mulainya tahapan Pemilu 2024 telah dilakukan diikuti Forkopimda setempat secara virtual.

Pihaknya akan segera melakukan langkah kerja dengan mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak untuk penyebarluasan informasi ke masyarakat.

"Tentunya KPU Bukittinggi siap melaksanakan tahapan demi tahapan Pemilu Serentak 2024, kami segera mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak 2024 agar masyarakat luas tahu tahapan pemilu sudah dimulai dan tidak ada lagi wacana penundaan pemilu," kata Benny.

Ia mengatakan, sesuai aturan, KPU meminta Partai Politik sebagai peserta pemilu benar-benar mempersiapkan diri untuk diverifikasi dalam rangka persiapan menuju pemilu serentak 2024.

"Sementara kepada masyarakat sebagai pengguna hak pilih untuk selalu mencermati data pemilih yang dikeluarkan KPU disetiap daerah Kabupaten Kota, agar supaya bisa mengetahui sudah atau belum terdaftar sebagai pemilih," katanya.

Ia menambahkan pengawasan bersama proses Pemilu di Bukittinggi agar proses demokrasi itu berjalan sesuai aturan dan tidak terdapat gangguan atau masalah dalam setiap tahapan.

"Mari kita kawal secara bersama pelaksanaa tahapan pemilu ini agar bisa melahirkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas serta pemilu yang bermartabat dalam negara demokrasi," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat peluncuran tahapan Pemilu 2024 di Jakarta mengatakan bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri dan meminta dukungan kepada pemerintah, DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu 2024 sesuai aturan perundang-undangan dimulai sejak 20 bulan dari hari pencoblosan. Hari pencoblosan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari, artinya tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutan mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tito mengatakan bahwa persiapan dan penyelenggara tahapan pemilu merupakan hasil kerja bersama.

"Setelah melaksanakan beberapa kali rapat (dan) konsinyering, akhirnya tergapai kesepakatan. Hasil rapat-rapat dan konsinyering itu menyepakati tahapan pemilu," kata dia.

Mendagri menyatakan bahwa Pemerintah mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 yang tahapannya mulai 14 Juni 2022.

"Pemerintah mendukung penuh pelaksanaan pemilu dan pilkada yang tahapannya dimulai Juni tepatnya tanggal 14 hari ini," katanya.