Bupati: Ketua KONI Agam terpilih bisa majukan olahraga

id Andri Warman,Bupati agam,Koni sumbar,Koni agam

Bupati: Ketua KONI Agam terpilih bisa majukan olahraga

Bupati Agam Andri Warman sedang memberikan kata sambutan, Kamis (2/6). (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman berharap Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat yang terpilih pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) pada 2-3 Mei 2022 bisa memajukan olahraga di daerah itu.

"Ini sesuai dengan misi saya menjadi bupati untuk membangun Agam lebih maju lagi seluruh bidang dan termasuk olahraga," katanya saat membuka Musorkab di Hotel Pusako, Kamis (2/6).

Ia menambahkan, ketua terpilih mari majukan bidang olahraga, sehingga atlet olahraga Agam meraih prestasi tingkat provinsi dan nasional.

Untuk mencapai itu, ia bakal menambah dana KONI setempat untuk pembinaan atlet pada 2023.

Sebelumnya, dana yang dialokasikan tidak begitu banyak akibat pandemi COVID-19 melanda dunia.

"Pada tahun ini, COVID-19 sudah melandai dan saya akan menambah dana untuk KONI Agam, dalam meningkatkan prestasi atlet," katanya.

Ia menambahkan, Agam memiliki cabang olahraga andalan berupa dayung dan paralayang. Pemkab Agam bersama cabang olahraga akan menggelar kejuaraan di Danau Maninjau.

Sementara itu, Ketua KONI Sumbar, Amdanus menambahkan ketua terpilih harus memiliki hubungan dengan bupati, sehingga anggaran bisa naik dan prestasi bisa diraih.

"Ketua terpilih harus pandai-pandai ke bupati, agar dana bisa ditingkatkan. Siapapun yang terpilih pada Musorkab, maka itu pemimpin kedepan," katanya.

Ia menambahkan, KONI dan cabang olahraga harus melakukan pembinaan secara berkesenambungan dalam melahirkan prestasi.

Namun pihaknya optimistis dengan bupati hebat, maka olahraga akan hebat.

"Bupati seorang akademisi, pengusaha dan politisi yang sukses. Dengan ini, saya yakin olahraga Agam akan maju," katanya.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur menambahkan kepengurusan KONI Agam periode 2018-2022 dilantik pada 19 April 2018.

"Kepengurusan ini sudah berakhir pada Mai 2022 dan telah diperpanjang oleh KONI Sumbar," katanya.

Setelah dilantik, tambahnya, langsung dihadapi Porprov di Padang Pariaman pada 2018 dan meraih 44 medali emas, 41 perak dan 51 perunggu.

Pada Porprov itu, Agam tidak memakai atlet daerah luar dan hanya atlet asli Agam.

Ketua Panitia Musorkab, Defliadi menambahkan Musorkab digelar selama dua hari pada 2-3 Juni 2022 dengan peserta dari utusan pengurus dari 46 cabang olahraga, pengurus KONI Agam periode 2018-2022, pengurus KONI Sumbar dan lainnya.

"Kegiatan ini menggunakan dana hibah pada 2022," katanya.