Bukittinggi laksanakan Latihan Gabungan Penanganan Bencana Alam

id Berita bukittinggi,Latihan gabungan antisipasi bencana, Bukittinggi, TNI Kodim 0304/Agam dan BPBD

Bukittinggi laksanakan Latihan Gabungan Penanganan Bencana Alam

Latihan gabungan antisipasi bencana (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melaksanakan Latihan Gabungan Kompetensi Penanganan Bencana Alam yang diikuti oleh Polres Bukittinggi, TNI Kodim 0304/Agam dan BPBD setempat, Kamis.

Pelatihan gabungan ini dilakukan salah satunya untuk percepatan Presisi Kapolri tentang program prioritas tentang penanggulangan bencana alam yang diawali dengan upacara bersama di Kantor BPBD Kota Bukittinggi.

Kabag Ops Polres Bukittinggi Kompol Julianson sebagai koordinator latihan mengatakan masing-masing Kanit dan Panit Samapta Polres Bukittinggi dan Polsek Jajaran, dan Bhabinkamtibmas Polsek Kota Bukittinggi diikutsertakan dalam kegiatan.

"Tujuan latihan Penanggulangan Bencana Alam ini dilakukan juga untuk dapat menangani bencana dengan cepat serta terintegrasi apabila sewaktu-waktu terjadi di wilayah hukum Polres Bukittinggi, serta dapat bersinergi dan bekerjasama dengan TNI dan BPBD dalam penanganan bencana tersebut," kata Julianson.

Kegiatan Latihan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Kantor BPBD Kota Bukittinggi, dan Embung Jorong Tarusan Babukik, Kenagarian Kamang Musik, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam.

Pemkot Bukittinggi melalui BPBD setempat mengikutsertakan ratusan personel yang tergabung bersama Tagana, PMI, Dinas Kesehatan dan masyarakat.

"Dalam rangka mitigasi bencana dan pengurangan resiko bencana, personel yang terlibat sekitar 300 orang, bentuk kegiatan selain gelar pasukan dan peralatan, sosialisasi kebencanaan, juga dilaksanakan praktek lapangan," kata Kepala Pelaksana BPBD Bukittinggi, Ibentaro Samudera.

Ia menambahkan latar belakang kegiatan adalah karena wilayah setempat yang mempunyai potensi bencana yang setiap waktu bisa datang kapan saja.

"Diharapkan para petugas, sudah tahu apa yang harus dilakukan, baik dalam penanganan bencana maupun dalam berkoordinasi dan berkomunikasi, pelatihan ini pun sifatnya dadakan inisiasi dari Polres Bukittinggi," katanya.