Gubernur Mahyeldi dukung Indonesia jadi pusat industri halal dunia

id industri halal dunia,sumbar

Gubernur Mahyeldi dukung Indonesia jadi pusat industri halal dunia

Gunernur Sumbar Mahyeldi. ANTARA/HO-Diskominfotik Sumbar

Padang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Barat mendukung penuh upaya Indonesia untuk menjadi pusat industri halal dunia dengan sejumlah program yang telah mulai dijalankan di antaranya dengan membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Gubernur Sumbar Mahyeldi ditemui usai bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Senin mengatakan provinsinya adalah yang pertama membentuk KDEKS sebagai bukti keseriusan mendukung upaya Indonesia jadi pusat industri halal dunia.

"Tadi, Wapres menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah menjadi dua besar negara pusat industri halal dunia. Indonesia hanya kalah dari Malaysia. Namun, ditargetkan pada 2024, Indonesia akan menjadi pusatnya," katanya.

Selain itu, Mahyeldi menyebut Wapres Ma'ruf Amin menginginkan untuk menambah sejumlah kawasan industri halal (KIH) di Indonesia untuk memperkuat ekosistem industri halal di Indonesia.

"Kita mengajukan diri sebagai salah satu provinsi yang akan memiliki KIH di Indonesia," ujarnya.

Mahyeldi menyebut kawasan Padang Industrial Park (PIP) menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk diubah menjadi kawasan industri halal di Sumbar.

Prosesnya tengah dijajaki dan diharapkan pembangunan KIH di Sumbar bisa dimulai tahun depan.

"KIH akan menarik minat investor industri halal untuk masuk ke Sumbar. Ini akan sangat besar manfaatnya untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan manfaat langsung juga bisa dirasakan masyarakat ketika mendapatkan kesempatan bekerja di sana," katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membenarkan pemerintah berencana membangun kawasan industri halal (KIH) di beberapa daerah.

Beberapa gubernur telah menyatakan siap untuk menyediakan lokasi pembangunan dan itu harus didukung semua kementerian dan lembaga terkait.