Ketua DPRD apresiasi Pemkab Agam raih WTP kedelapan kali berturut-turut

id Ketua DPRD Agam Novi Irwan,Pemkab Agam raih WTP,berita agam,agam terkini,berita sumbar

Ketua DPRD apresiasi Pemkab Agam raih WTP kedelapan kali berturut-turut

Ketua DPRD Agam Novi Irwan saat menerima LHP. (Antara/Dok Humas DPRD Agam)

Lubukbasung, (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat Novi Irwan mengapresiasi pemerintah setempat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kedelapan kalinya secara berturut-turut semenjak 2014.

"Saya mengapresiasi laporan keuangan pemerintah daerah dan kerja sama semua pihak, sehingga Agam kembali meraih opini WTP pada 2022," katanya di Lubukbasung, Kamis.

Ia mengatakan, opini WTP diberikan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Agam Tahun Anggaran 2021.

Ke depan, ia berharap pada 2023 Agam bisa kembali mendapatkan WTP tanpa ada catatan-catatan.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh perangkat daerah yang terkait atas kerja kerasnya dalam menyelesaikan laporan keuangan daerah dengan baik," katanya.

Sementara Kepala Kantor BPK Perwakilan Sumatera Barat, Yusna Dewi mengatakan Pemkab Agam lebih cepat menyerahkan laporan keuangan daerah dari waktu yang telah ditentukan oleh perundang-undangan.

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan Pemkab Agam, termasuk implementasi dan rencana aksi yang telah direncanakan, maka BPK memberikan opini WTP," katanya.

Ia menambahkan, hal tersebut menunjukkan komitmen DPRD dan pelaksana pemerintah daerah untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan dengan menjalankan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik.

"Ini berkat kerjasama dalam pengelolaan keuangan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik," katanya.

LHP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BPK Perwakilan Sumatera Barat, Yusna Dewi, kepada Ketua DPRD Agam, Novi Irwan dan Bupati Agam Andri Warman disaksikan langsung oleh Kepala Bakeuda, Hendri G, Plt Kepala Inspektorat Agam, Gusri Noval dan lainnya di Ruang Rapat Kantor BPK Perwakilan Sumatera Barat, Padang, Rabu (25/5). (*)