Budaya gotong royong meredup, Pemkab Pasbar canangkan bulan bhakti gotong royong

id Berita pasbar,Dasawismadi Pasaman Barat,PKKPasaman Barat

Budaya gotong royong meredup, Pemkab Pasbar canangkan bulan bhakti gotong royong

​​​​​​​Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat pencanangan bulan bhakti gotong royong di Kinali, Selasa.( Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di tengah meredupnya budaya itu di tengah masyarakat, Selasa.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat pencanangan di Kinali, Selasa mengatakan sejak zaman dahulu budaya gotong royong telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama gotong royong dalam mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu, katanya pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong ini harus diupayakan dan dimaksimalkan.

Menurutnya kenapa pencanangan ini di bangkitkan kembali, karena rasa gotong royong kita selama 78 tahun Indonesia merdeka semakin lama semakin memudar.

"Kami seluruh jajaran Pemkab Pasaman Barat hingga pemerintahan nagari dan jorong menghimbau seluruh lapisan masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, mari kita dukung pencanangan ini. Jika pencanangan ini tercapai maka program Pemkab akan tercapai," harapnya.

Selain itu, katanya juga dilakukan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma yang kaitan dengan 10 program pokok PKK Pasaman Barat.

Ketua Tim Penggerak PKK Pasaman Barat Titi Hamsuardi mengatakan kegiatan BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma rutin setiap tahun dilaksanakan pada tingkatan yang berbeda.

Kantor Wali Nagari Kinali dipilih karena Nagari Kinali akan mewakili Kabupaten Pasaman Barat untuk mengikuti lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi serta Dasawisma Bougenville 1 Jorong Bunuik juga telah mewakili Pasaman Barat mengikuti lomba Kader Dasawisma Beprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Pasaman Barat Randy Hendrawan menjelaskan Kegiatan Pencanangan BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma, Launching Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Baratbserta persiapan Lomba PKK Tingkat Provinsi yang diadakan dengan tema "Melalui Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong, Bulan Bhakti Dasawisma, Kita Kolaborasikan 50 Tahun Gerakan PKK Dengan Pemerintah Berbakti Untuk Bangsa Berbagi Untuk Sesama".

Peserta kegiatan berjumlah lebih kurang 250 orang yang terdiri dari tamu undangan dari provinsi, kabupaten, kecamatan dan dari Nagari Kinali.

Ia berharap, kegiatan yang dilakukan dapat menghidupkan kembali Dasawisma di Pasaman Barat. Tentunya dengan sinergi dan kekompakan semua pihak dalam menumbuhkan semangat gotong royong.***3***