Dukung digitalisasi pendidikan, PLN hadiahi internet pintar SMAN Air Pura

id PLN

Dukung digitalisasi pendidikan, PLN hadiahi internet pintar SMAN Air Pura

PLN UIW Sumbar menghadiahi internet pintar SMAN 1 Air Pura, Pesisir Selatan, Kamis (19/5). Bantuan bersumber dari dana TJSL itu sebagai bentuk dukungan terhadap digitalisasi pendidikan. (ANTARA/HO-PLN)

Painan (ANTARA) - Masih dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, PLN UIW Sumbar hadiahi Program Internet Pintar ke salah satu sekolah terbaik di Pesisir Selatan, yaitu SMA Negeri 1 Air Pura. Program ini yaitu berupa perbaikan infrastruktur ruang perpustakaan, penyediaan sarana, serta penyediaan jaringan internet dengan total bantuan sebesar Rp80 Juta.

Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN kali ini merupakan sinergi antara PLN UIW Sumbar bersama ICON+ Kantor Perwakilan Padang, yaitu anak perusahaan PLN yang bergerak dalam bisnis jaringan telekomunikasi.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum Cipto Adi Sumartono yang hadir pada peresmian penyerahan bantuan, Kamis (19/5) menyampaikan, bantuan ini adalah upaya PLN untuk mendukung dunia pendidikan.

"Pendidikan merupakan investasi kemanusiaan yang menjadi tumpuan masa depan bangsa. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan tentu membutuhkan berbagai sarana dan prasarana yang memadai, demi terciptanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga menghasilkan kualitas belajar mengajar yang baik. Untuk itulah kami rutin memberikan bantuan di bidang pendidikan," sebutnya.

Cipto berharap bantuan TJSL ini dapat menjadi salah satu solusi bagi Bapak/Ibu pendidik dan seluruh siswa yang sebelumnya menghadapi keterbatasan jaringan internet dan infrastruktur pendukungnya.

"Karena seperti yang kita ketahui bersama, pada era globalisasi ini, akses teknologi informasi dan komunikasi tentu sangat dibutuhkan,"ujarnya.

Menurut Rasfidarmi, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Airpura, bantuan TJSL PLN UIW Sumbar hadir tepat disaat sekolah sedang sangat membutuhkan.

"Tuntutan digitalisasi pada proses belajar mengajar sudah sangat mendesak tetapi kami minim fasilitas. Selama ini kebanyakan siswa membeli kuota telekomunikasi mandiri untuk kebutuhan internet," jelasnya.

Rasfidarmi pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN pada kesempatan yang sama. "Terima kasih banyak kepada tim dari PLN. Akhirnya anak-anak kami bisa menggunakan fasilitas internet dari perpustakaan dan sekitarnya, sehingga mengurangi pembelian pribadi. Semoga ini berdampak pada peningkatan kualitas belajar mengajar," lanjutnya.

Cipto lantas berpesan agar para siswa menjadikan wajah baru perpustakaan sekolah ini sebagai peluang untuk memperluaskan khasanah ilmu, karena kini semua teori, contoh-contoh, dan informasi kini dapat dicari dan diakses lebih mudah.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar pun menyampaikan agar seluruh siswa memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh PLN dengan sebaik mungkin.

"Semoga bermanfaat untuk perbaikan kualitas pendidikan. Sampaikan ucapan terima kasih kepada PLN lewat peningkatan prestasi," sebut Bupati.

Rusma pun mengapresiasi PLN yang menginisiasi program ini. "Terima kasih sudah menjadi instansi yang peduli dan turut berpartisipasi dalam pertumbuhan masyarakat, diantaranya lewat program-program bantuan seperti ini," ungkapnya.*