KPK RI serahkan bantuan hunian sementara bagi korban gempa Pasaman Barat

id Pasaman Barat,Sumbar

KPK RI serahkan bantuan hunian sementara bagi korban gempa Pasaman Barat

​​​​​​​KPK RI menyerahkan donasi berupa hunian sementara bagi korban gempa di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. (ANTARA/ Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia menyerahkan bantuan Rp150 juta berupa hunian sementara kepada korban terdampak gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Perwakilan atau koordinator dari KPK RI, Naila Fauzana Nasution usai menyerahkan bantuan di Simpang Timbo Abu Kecamatan Talamau, Minggu mengatakan bantuan yang diserahkan itu merupakan donasi dari karyawan KPK bagi masyarakat yang terdampak bencana di seluruh Indonesia.

Salah satunya untuk Pasaman Barat berupa bantuan hunian sementara senilai Rp150 juta.

Ia mengatakan pengumpulan donasi itu sekitar satu bulan lalu. Untuk Pasaman Barat donasi diserahkan mencapai Rp150 juta dalam bentuk hunian sementara.

"Ini aksi sosial dari pegawai KPK murni yang kami kumpulkan. Karena adanya bencana alam gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. Biasanya kami juga melakukan hal yang sama untuk daerah lain yang mendapatkan bencana," ujarnya.

Ia mengharapkan donasi itu bisa membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam gempa bumi di Pasaman Barat. Terutama untuk membantu hunian sementara bagi masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak bisa ditempati.

"Kami merasa sudah tepat ketika donasi kami serahkan ke Pemkab untuk dibangunkan hunian sementara. Dari pantauan kami memang terlihat masyarakat di Timbo Abu Kajai ini banyak rumahnya yang runtuh," katanya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada KPK RI yang telah membantu masyarakat Pasaman Barat yang tertimpa bencana alam gempa bumi.

Menurutnya KPK RI menyerahkan donasi sebesar Rp150 juta. Sebanyak 10 unit hunian sementara akan dibangunkan untuk masyarakat dengan satu hunian sementara biaya Rp9 juta yang disetujui oleh KPK.

"Kami hanya menyalurkan apa yang mereka inginkan. Sisa donasi dari mereka terus kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak," katanya.

Ia juga tidak henti-hentinya bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh donatur, relawan hingga pemerintah pusat dan provinsi membantu korban gempa.

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut membantu masyarakat Pasaman Barat dalam menangani bencana alam gempa bumi ini," kata dia.