Prakiraan cuaca: Sebagian besar provinsi berpotensi hujan lebat

id bmkg,hujan lebat,prakiraan cuaca

Prakiraan cuaca: Sebagian besar provinsi berpotensi hujan lebat

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin kencang wilayah Pantai Utara Jawa. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, seperti di Pulau Jawa.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Sabtu, wilayah yang berpotensi mengalami hujan berada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Sementara DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Papua Barat diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Khusus untuk wilayah Ibu Kota, hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada malam hari, Jakarta Selatan pada siang dan malam serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

Sejumlah daerah juga masuk dalam kategori siaga dan waspada akan dampak hujan lebat yang terjadi. BMKG memperingatkan Aceh masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Sementara itu, provinsi yang wilayahnya masuk dalam kategori waspada untuk hari ini adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.