Gubernur Sumbar minta Bulog bantu tekan harga daging sapi

id Gubernur Sumbar,Lonjakan harga

Gubernur Sumbar minta Bulog bantu tekan harga daging sapi

Gubernur tinjau harga di Pasar Bukittinggi. (ANTARA/Dokumentasi Diskominfotik Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta Bulog berperan membantu menekan harga daging sapi yang telah mencapai Rp150 ribu per kilogram di daerah itu, dengan mendistribusikan stok daging beku.

"Pedagang ternyata juga tidak nyaman dengan harga yang begitu tinggi. Normalnya sekitar Rp120-130 ribu per kilogram. Karena itu kami berkoordinasi dengan Bulog untuk bisa menstabilkan harga dengan menyebar stok daging ke pasar," katanya, saat meninjau harga di Pasar Bukittinggi, Kota Padang, Kamis.

Diharapkan stok daging Bulog bisa masuk pasar dalam satu atau dua hari, sehingga bisa segera menstabilkan harga daging. "Kalau bisa pengiriman stok daging ini menggunakan transportasi udara karena kalau lewat darat atau laut butuh waktu lebih lama," ujarnya.

Selain itu Gubernur bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama, Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi juga menemukan belum semua toko yang menjual minyak goreng curah.

"Kami minta distributor di Sumbar bisa mendistribusikan untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran," katanya.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Dalam satu minggu terakhir terjadi kenaikan harga. Hal itu disebabkan mulai banyaknya perantau yang pulang dan kebutuhan meningkat.

Gubernur juga berkoordinasi dengan beberapa provinsi tetangga, seperti Jambi dan Bengkulu, yang bersedia berbagi untuk menambah suplai daging ke Sumbar yang akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

"Mudah-mudahan berbagai upaya ini akan menekan harga daging dan bisa terjangkau oleh warga masyarakat untuk menghadapi Lebaran dengan menu rendang atau menu daging lainnya yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Minangkabau. Tak lengkap kalau tidak ada rendang," katanya.

Sebelumnya, dalam rapat Tim Satgas Ketersediaan Pangan yang dipimpin oleh gubernur, di Ruang Rapat Istana Bung Hatta, dinas pangan mengungkapkan jumlah komoditas pangan strategis, seperti beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabe keriting, cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir dan minyak goreng, dalam kondisi cukup dan aman, bahkan berlebih.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Ir. Efendi mengatakan beberapa komoditas yang mengalami surplus, di antaranya adalah jagung surplus 568,50 ton, cabai merah keriting surplus 333,63 ton. Telur ayam juga surplus 187,20 ton dan minyak goreng surplus 49,70 ton

Meski begitu, diakui Efendi, kerap terjadi lonjakan harga karena tingginya permintaan dan sering terjadi di kawasan perbatasan.

"Menghadapi Lebaran kita memang ada strategi khusus supaya tidak terjadi kekurangan/kelangkaan pangan dan lonjakan harga. Fluktuasi harga tinggi sering terjadi di daerah perbatasan, kami antisipasi dengan bazar TIC," kata Efendi.