YBM PLN selama ramadhan 1443 H, berdayakan ekonomi masyarakat dan berbagi untuk yatim dan dhuafa

id PLN, YBM

YBM PLN selama ramadhan 1443 H, berdayakan ekonomi masyarakat dan berbagi untuk yatim dan dhuafa

YBM PLN Sumbar berbagi dengan yatim dan dhuafa di Ramadhan 1443 Hijriah. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - PT PLN (Persero) terus meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan kepedulian kepada lingkungan sekitar salah satunya melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. Bertepatan dengan momen bulan suci Ramadan, pada 17 April 2022 lalu, Yayasan Baitul Maal (YBM) menyerahkan bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus berbagi kepada yatim dan dhuafa.

Rangkaian kegiatan pemberdayaan untuk sesama yang berlangsung serentak diseluruh unit PLN se-Indonesia ini merupakan wujud rasa syukur insan PLN kepada Allah SWT. Kegiatan minggu lalu menjadi puncak rangkaian kegiatan menjejak manfaat YBM PLN selama Ramadhan 1443 H.

Diawali dengan pemberian beberapa bantuan secara simbolis program pemberdayaan karitas dan produktif. Di penghujung kegiatan, Keluarga Besar YBM PLN mengetuk pintu keberkahan melalui Doa untuk Negeri & PLN bersama 17.000 yatim dan dhuafa.

Sesi pertama acara berlangsung dengan PLN Pusat dimana dihadiri oleh seluruh BOD PLN dan Komisaris PLN, serta seluruh jajaran manajemen PLN seluruh Indonesia, dilanjutkan dengan sesi kedua oleh masing-masing unit PLN.

Di Sumbar sendiri, YBM PLN UIW Sumbar menyerahkan bantuan untuk 100 anak Yatim dan Dhuafa yang tersebar di tiga panti asuhan diantaranya; Panti Asuhan Rahmatan lil'alamin, An Nissa dan Al-Qalam. Masing-masing anak menerima santunan sebesar Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah).

Penyaluran paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Ketua YBM Sumbar Afriman kepada perwakilan anak-anak yatim dan dhuafa dan disaksikan oleh GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta seluruh jajaran. Tidak hanya menyerahkan bantuan, momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh ustadzah Dr. Muslimah S. Th.I, M.Ag.

“Harapan kami semoga kegiatan ini mendapatkan ridho Allah SWT dan mengalirkan keberkahan kepada kita semua. Acara utama kegiatan ini adalah doa muzaki PLN bersama para santri, yatim dan kaum dhuafa di seluruh Indonesia, terutama Sumbar. Semoga menjadi amal ibadah untuk kita semua, sekaligus memotivasi penerima manfaat khususnya anak-anak agar lebih giat lagi menimba ilmu dan menggapai cita-cita, sehingga kelak dapat memimpin bangsa ini dengan akhlak yang mulia,” ungkap Toni. Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama yatim dan dhuafa.

Dalam vicon dengan PLN Pusat tersebut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan harapannya terkait kegiatan Puncak tersebut.

"YBM PLN selama ini sudah menjadi salah satu pilar PLN yang selalu menaruh perhatiannya pada semangat kebersamaan, semangat keumatan. Melalui YBM PLN, kami ingin mendukung perekonomian umat dengan pendampingan dan pemberdayaan umat," ujar Darmawan.

Ia juga mengapresiasi kontribusi YBM PLN dalam menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infak, Sodaqoh, dan Wakaf (ZISWAF) dari insan PLN kepada masyarakat yang membutuhkan.

Melalui YBM PLN, PLN ingin menciptakan kemandirian ekonomi umat secara kolektif dalam bingkai kelompok yang produktif dan memiliki semangat untuk maju sekaligus juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.