Sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan Wapres di Sumbar, Denzibangapresiasi PLN

id PLN, UMKM

Sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan Wapres di Sumbar, Denzibangapresiasi PLN

PLN menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Wakil Presiden.  (ANTARA/HO-PLN)

Bukittinggi (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan kerja Wakil Presiden K. H. Ma'ruf Amin ke Kota Bukittinggi, Sumbar pada Selasa-Rabu (13/4).

Untuk menyukseskan gelaran tersebut, PLN menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Wakil Presiden.

Selain itu, PLN UIW Sumbar UP3 Bukittinggi juga menyiapkan 3 titik prioritas pengamanan untuk menjaga pasokan listrik selama Acara Peresmian Pembukaan Gerakan Nasional (GERNAS) Bangga Buatan Indonesia (BBI) berlangsung. Adapun titik prioritas pengamanan pasokan listrik tersebut diantaranya.

1. Hotel Novotel lokasi diamana Wapres menginap.

2. Pelataran Utama Jam Gadang dimana lokasi puncak acara berlangsung

3. Balai Sidang Bung Hatta dimana dilaksanakan acara Sarasehan Budaya dan Pengembangan Ekonomi Sumbar.

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menyebutkan PLN telah bergerak cepat mengawal dan memastikan infrastruktur kelistrikan aman di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi rombongan Wapres dan menerapkan SOP khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip.

“Kami melakukan berbagai upaya untuk memperkuat keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung. Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama, dan skema backup di masing-masing lokasi dengan dua sampai tiga lapis dan petugas siaga. Selain itu kami juga menyiapkan genset mobile 1x72 kVA, Genset 1x125 kVA sebagai backup ketiga saat terjadi gangguan yang tidak diharapkan pada sistem kelistrikan PLN,” ungkap Toni.

Dijelaskan lagi, saat Apel pelaksanaan Pengamanan yang berlangsung di Lapangan Wirabraja (lap Kantin), PLN menyiapkan dua lapis pengaman seperti back up feeder dan dua genset diantaranya genset berkapasitas 72 kVA dan 15 kVA.

Kemudian untuk kunjungan kerja dan Pembukaan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia yang berlokasi di Istana Bung Hatta dan Plataran Jam Gadang, PLN menyiapkan dua lapis pengaman diantaranya Genset PLN 1x72 kVA dan 1x125 kVA , Genset EO 1x100 kVA, 1x200 kVA, 1x180 kVA, 1x45 kVA dan Genset Hotel 2x400 kVA.

Selain itu PLN juga menyiapkan SOP Khusus dan Backup Kelistrikan untuk menjaga suplai listrik tetap andal selama berlangsungnya acara.

“PLN juga siagakan tim untuk standby bila terjadi hal-hal yang sifatnya emergency, sehingga petugas dapat bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya. Suatu kebanggaan bagi kami dapat mengawal kegiatan kunjungan kerja tersebut sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Toni lagi.

PLN menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Wakil Presiden. (ANTARA/HO-PLN)


Apresiasi disampaikan oleh Letnan Kolonel Suyanto, SE Komandan Detasemen Zeni Bangunan (Denzibang) 5/I.

“Kita mengapresiasi PLN atas sinergi dan dukungan yang luar biasa baik sebelum maupun pertengahan acara dalam menjadi keandalan pasokan listrik sehingga acara kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Tim PLN dengan APD lengkap terlihat sigap dalam menyikapi berbagai situasi yang berpotensi akan mengganggu kelancaran pasokan listrik selama acara berlangsung.

Dengan kondisi kelistrikan yang andal dan surplus, PLN sangat siap melayani para investor dan calon pelanggan baru yang ingin berinvestasi di Sumbar.

Dalam pidato sambutannya Wapres juga menyampaikan harapan terhadap PLN agar terus bertumbuh seiring pengembangan UMKM yang sedang masif digerakkan .

Semua upaya dilakukan guna memastikan kondisi kelistrikan selama acara kunjungan kerja tetap andal sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.