PDAM Tirta Antokan Agam pastikan pasokan air aman selama Ramadhan

id berita agam,berita sumbar,air

PDAM Tirta Antokan Agam pastikan pasokan air aman selama Ramadhan

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Hendri Chaidir. (Antarasumbar/Yusrizal)

Ketersediaan air bersih aman selama Ramadhan,
Lubukbasung (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, Sumatera Barat memastikan pasokan air bersih ke masjid dan mushala aman selama Ramadhan 1443 Hijriyah, karena perusahaan itu telah mengoperasikan bak penenang dan menyediakan dua unit mobil tangki untuk menyuplai air.

"Ketersediaan air bersih aman selama Ramadhan, karena kita telah melakukan upaya dalam mengantisipasi gangguan pendistribusian air ke masjid, mushala dan pelanggan," kata Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Hendri Chaidir di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan, antisipasi yang dilakukan itu berupa mengoperasikan bak penenang di Gungun, Kecamatan Tanjungraya pada akhir 2021.

Air bak milik Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) itu dioperasikan apabila air di hulu dengan kondisi keruh saat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu.

Setelah itu, air tersebut diolah dan disalurkan ke seluruh pelanggan PDAM Tirta Antokan.

"PDAM Tirta Antokan sudah melakukan kerjasama dengan PTLMH beberapa tahun lalu, terkait pemanfaatan air tersebut," katanya.

Selain itu, PDAM Tirta Antokan Agam juga mengoperasikan dua unit mobil tangki dengan kapasitas 3.000 meter kubik dan 4.000 meter kubik untuk menyuplai air bersih ke tempat ibadah.

Dengan cara itu, pasokan air bersih ke masjid dan mushala untuk kebutuhan berwuduk aman selama Ramadhan.

"Pengalaman tahun sebelumnya tidak ada kendala pendistribusian air ke masjid dan mushala," katanya.

Ia mengakui, jumlah pelanggan sosial atau tempat ibadah sebanyak 173 sambungan tersebar di Lubukbasung 113 sambungan, Tiku enam sambungan, Batu Kambiang 12 sambungan, Maninjau 21 sambungan.

Lalu di Matur 10 sambungan, Ampekkoto lima sambungan, Ampekangkek Canduang dua sambungan, Baso dua sambungan dan Sungaipua satu sambungan.***1***