Sirkuit Mandalika diguyur hujan ringan satu jam jelang race MotoGP

id Mandalika

Sirkuit Mandalika diguyur hujan ringan satu jam jelang race MotoGP

Penonton ajang MotoGP Mandalika Lombok Tengah NTB (Antara/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sempat diguyur hujan ringan pada siang hari sekitar pukul 14.00 WITA sebelum balapan race MotoGP, Minggu pukul 15.00 WITA.

Pantauan ANTARA di Tribun C, sejumlah penonton tetap bertahan di tribun meskipun hujan turun, mereka terlihat menggunakan jas hujan dan ada juga yang bertahan dan sebagian turun ke bawah tribun supaya tidak basah.

"Balapan MotoGP akan di mulai pukul 15.00 WITA," kata komentator melalui pengeras suara, Minggu.

Sebelum pada hari kedua sesi latihan bebas Sirkuit Mandalika diguyur hujan lebat, namun balapan sesi latihan kedua telah dimulai setelah kondisi cuaca cerah dan lintasan dipastikan bisa digunakan.

"Iya Sirkuit Mandalika diguyur hujan tadi pagi," kata Bambang salah satu warga setempat di Praya, Sabtu.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi terjadi hujan sedang hingga lebat selama Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat tanggal 18-20 Maret 2022.

"Prospek kondisi cuaca area Mandalika selama tiga hari ke depan didominasi oleh adanya potensi berawan hingga hujan sedang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nur Siti Zulaicha dalam keterangan tertulisnya di Praya, Rabu.

Pada 18 Maret diperkirakan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di area Mandalika pada siang sampai sore hari. Selanjutnya pada tanggal 19 Maret diperkirakan cerah berawan hingga hujan sedang pada siang hari sampai sore hari.

"Pada tanggal 20 Maret diperkirakan hujan sedang hingga lebat pada siang sampai malam hari," katanya.

Untuk itu, BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

"Potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari," katanya.

Untuk diketahui, para pebalap IATC,Moto3, Moto2 dan MotoGP telah menjajal lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Menyatakan dan saat ini telah berlangsung sesi latihan bebas kedua. Selanjutnya para pebalap akan membuktikan konsistensi untuk menjadi juara di Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan pada tanggal 20 Maret.