Satlantas Polresta Padang tindak ratusan truk kelebihan muatan

id Polresta Padang,Sumbar, keselamatan,polisi

Satlantas Polresta Padang tindak ratusan truk kelebihan muatan

Petugas melakukan sosialisasi dan penindakan Operasi Keselamatan Singgalan 2022 dengan menggunakan kostum superhero (ANTARA/HO Satlantas Polresta Padang)

Padang (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Padang menindak ratusan unit truk yang kelebihan muatan atau Over Dimensi Over Loading (ODOL) selama Operasi Keselamatan Singgalang yang digelar sejak 1 Maret 2022.

Kasatlantas Polresta Padang AKP Alfin di Padang, Minggu mengatakan Untuk Operasi Keselamatan Singgalang 2022 Polresta dari tangan 1 Maret sampai 5 Maret 2022 Satlantas Polresta Padang telah mengeluarkan bukti pelanggaran (Tilang) 302 lembar tilang dan 1.010 teguran kepada pengendara di daerah itu.

"Sementara untuk truk ada 133 unit yang kita tilang,"kata dia.

Operasi Keselamatan Singgalang 2022 Polresta Padang akan berlangsung hingga 14 Maret 2022. Operasi ini memiiliki tujuan pokok mengingatkan masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Fokus petugas adalah pelanggaran Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan telepon genggam, pengemudi di bawah umur, pengemudi sepeda motor membonceng penumpang lebih dari satu.

Kemudian tidak menggunakan helm SNI, berkemudi mengonsumsi alkohol, melawan arus lalu lintas, pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi ugal-ugalan dan kendaraan kelebihan muatan Over Dimension Over Load (ODOL)

Ia mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi Operasi Keselamatan Singgalang 2022 Polresta Padang kepada pengendara dan salah satunya polisi menggunakan kostum superhero.

Pada sosialisasi yang digelar di beberapa ruas jalan di Kota Padang ada dua orang polisi menggunakan kostum superhero sambil membawa poster yang bertuliskan Operasi Keselamatan Singgalang 2022 Polresta Padang.

Satlantas Polresta Padang sengaja menghadirkan superhero dalam sosialisasi. Selain bertujuan untuk menghibur pengguna jalan, kehadiran superhero juga merupakan bagian dari edukasi bahwa siapa saja bisa menjadi superhero dengan menjaga diri.

"Salah satunya dengan tertib berlalu lintas, untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain," katanya