PLN Peduli dan YBM PLN salurkan bantuan bagi korban gempa Pasaman Barat

id PLN, YBM, bantuan gempa

PLN Peduli dan YBM PLN salurkan bantuan bagi korban gempa Pasaman Barat

Managemen PLN Sumbar dan YBM salurkan bantuan bencana ke korban gempa di Pasaman Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar melalui program PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) menyerahkan bantuan senilai Rp30 juta pada Sabtu (26/2) di Posko Utama Tanggap Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Kabupaten Pasaman Barat.

Bantuan diserahkan oleh Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Sumbar Nova Sagita dan tim YBM PLN kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

Bantuan hadir dalam bentuk paket sembako seperti beras, air mineral, minyak goreng, mie instan, dll. Sedang dari YBM PLN bantuan hadir dalam bentuk 1500 bungkus nasi yang merupakan sinergi antara PLN UIW Sumbar, PLN P3BS, PLN UIP Sumbagteng serta YBM PLN UP3 Bukittinggi.

Nova Sagita menuturkan, selain fokus pada upaya pemulihan kelistrikan, PLN juga ingin meringankan beban para korban bencana gempa di Pasaman Barat dan sekitarnya melalui bantuan yang diberikan.

“Bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial kami untuk membantu sesama guna meringankan beban para korban bencana gempa di Pasaman Barat dan sekitarnya, di samping kami juga berupaya memulihkan kembali sistem kelistrikan pasca gempa”, tutur Nova.

Selain menyerahkan bantuan, tim PLN UIW Sumbar juga menyambangi posko siaga dan lokasi pelayanan kesehatan setempat untuk memastikan listrik di lokasi vital tersebut normal sehingga dapat mempercepat proses pemulihan korban gempa.

Ditempat yang sama Misran Hasra Pejabat Pengendali K3L PLN UIW Sumbar menyampaikan PLN juga turut memastikan kondisi keselamatan ketenagalistrikan di posko-posko siaga yang tersebar di Pasaman Barat.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terimakasihnya kepada PLN yang telah peduli terhadap korban gempa sembari mengawal pemulihan kelistrikan hingga kembali normal.

“Apresiasi kami ucapkan kepada PLN karena selain cepat dan sigap mengupayakan perbaikan listrik, PLN juga turut membantu korban melalui bantuan paket sembako dan nasi bungkus. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi korban, maka secapatnya kami salurkan kepada korban gempa”, ujarnya.
Tim PLN UIW Sumbar dan YBM salurkan bantuan bencana ke korban gempa di Pasaman Barat, Sabtu. (ANTARA/HO-PLN)


Di samping memberikan bantuan melalui program PLN Peduli, PLN telah berhasil memulihkan sistem kelistrikan di Pasaman Barat. Seperti yang diungkapkan oleh Toni Wahyu Wibowo, General Manager PLN UIW Sumbar.

“Sampai saat ini petugas PLN masih dilapangan untuk melakukan normalisasi jaringan hingga benar-benar pulih 100%. Kami ucapkan terimakasih atas dukungan Pemda dan warga sekitar atas dukungan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan pekerjaan ini”, ujar Toni.

Saat ini PLN telah berhasil memulihkan 951 gardu distribusi atau sekitar 92,06% sehingga sebanyak 115.568 atau 90,63% pelanggan telah menikmati listrik Kembali. Dengan mengutamakan keselamatan masyarakat dan petugas PLN, PLN terus berupaya memulihkan seluruh kelistrikan di daerah terdampak gempa.

Beberapa daerah masih dalam proses perbaikan karena terkendala jarak dan transportasi pengiriman material untuk mengganti material yang rusak ke lokasi namun PLN akan mengupayakan normal 100% dalam waktu dekat.

Berbagai upaya yang dilakukan PLN diharapkan dapat memantik semangat masyarakat agar segera bangkit dan menjalani kehidupan seperti semula. PLN berharap masyarakat dapat merasakan kehadiran PLN dan terus mendukung upaya PLN dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan.*
Tim PLN UIW Sumbar dan YBM salurkan bantuan bencana ke korban gempa di Pasaman Barat. (ANTARA/HO-PLN)