Pemkab Solok Selatan akan buka lagi hot water boom

id berita solok selatan,berita sumbar,water

Pemkab Solok Selatan akan buka lagi hot water boom

Sejumlah anak-anak bermain air disalah satu kolam air panas hot water boom di Kabupaten Solok Selatan sebelum pandemi COVID-19. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Setelah dibuka nanti kami tidak akan membatasi pengunjung hanya saja wisatawan harus menerapkan protokol kesehatan seperti masker,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat akan membuka lagi destinasi wisata kolam air panas hot water boom untuk umum mulai minggu depan.

"Setelah dibuka nanti kami tidak akan membatasi pengunjung hanya saja wisatawan harus menerapkan protokol kesehatan seperti masker," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Mardiana di Padang Aro, Rabu.

Untuk tahap awal, kolam besar belum digunakan hanya kolam kecil untuk permainan anak-anak yang akan di buka.

Untuk destinasi wisata yang dikelola pemerintah baru hot water boom Sapan Malulung yang dikenai biaya masuk dan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Sedangkan destinasi lainnya pengelolaan dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) maupun perorangan.

Tujuan pariwisata sebetulnya untuk meningkatkan perekonomian warga sehingga makin banyak destinasi dikelola kelompok masyarakat akan lebih bagus hanya saja tidak ada PAD nya.

Untuk 2022, dari sektor pariwisata ditargetkan bisa menghasilkan PAD sebanyak Rp225 juta.

Salah satu tujuan pembukaan hot water boom untuk umum juga untuk mencapai target PAD yang sudah diberikan.

Untuk 2021, katanya realisasi PAD Solok Selatan dari sektor pariwisata sebanyak Rp130 juta karena hot water boom masih sempat dibuka untuk umum sebelum pandemi COVID-19.

"Hot water boom pada 2021 ditutup di pertengahan tahun sehingga masih ada pemasukan untuk PAD," ujarnya.