Sekwan DPRD Sumbar edukasi mahasiswa tentang legislatif

id DPRD Sumbar,Padang,Sumbar

Sekwan DPRD Sumbar edukasi mahasiswa tentang legislatif

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis (ANTARA/ HO DPRD Sumbar)

Padang (ANTARA) - Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis mengedukasi mahasiswa yang tergabung dalam Legislatif Leadership Training (LLT) tentang legislatif baik melalui tugas pokok dan fungsi seorang legislator.

"Mahasiswa yang ingin jadi legislator nantinya harus paham, apa saja yang harus dimiliki bila berkeinginan jadi legislator, sehingga nantinya bisa jadi amanah," kata dia ketika menjadi pembicara di Padang, Jumat.

Menurut dia politik seringkali dijadikan alat untuk mencapai tujuan, karena itu, agar para mahasiswa tidak terjebak dengan kerasnya kehidupan di dunia politik praktis, maka perlu dibekali pemahaman bagaimana kehidupan di lembaga politik.

“Adik-adik harus paham, apa saja yang harus dimiliki bila berkeinginan untuk menjadi legislator, sehingga menjadi legislator yang amanah,”kata dia.

Ia mengatakan pelatihan legislatif leadership training (LLT) yang diadakan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (LLMI) Sumbar memiliki manfaat yang besar dan dirinya berharap pelatihan calon legislator seperti ini perlu diperbanyak dan disosialisasikan di kampus-kampus agar para calon calon legislator punya bekal yang cukup untuk masuk dalam kehidupan politik.

“Kami yakin, pelatihan yang digelar Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia wilayah Sumbar, dapat membekali mahasiswa untuk menjadi legislator yang handal dan amanah,” katanya.

Ia menilai sebagai milenial, para mahasiswa harus punya semangat yang tinggi karena ilmu dan pengetahuan dari bangku kuliah akan sangat penting dan bermanfaat di lembaga legislatif sebagai perpanjangan tangan generasi muda yang jumlahnya cukup besar di republik ini.

"Untuk menjadi seorang legislator, tidak cukup hanya dengan ilmu pengetahuan di bangku kuliah. Perlu keahlian dan seni tersendiri sehingga menjadi legislator yang amanah dan mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat,” kata dia

Selain itu kehidupan berpolitik di lembaga legislatif tidak semudah yang dibayangkan karena itu, suara-suara yang menyangsikan kaum milenial sebagai legislslator harus bisa diminimalkan.

“Minim pengalaman dan mudah terbawa arus, merupakan tantangan yang harus diantisipasi agar menjadi legislator yang handal dan amanah. Lembaga legislatif merupakan lembaga yang strategis dalam penyelenggaraan negara, karena itu seorang legislator harus memiliki kompetensi di berbagai bidang,” kata dia

Sekwan DPRD Sumbar Raflis sendiri mewakili Wagub Sumbar sebagai pembicara pada acara legislatif leadership training (LLT) yang diadakan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (LLMI) Sumbar di auditorium Kantor Gubernur Sumbar.