Kapolda Sumbar akui kerja sama semua pihak naikkan capaian vaksinasi

id Polda Sumbar,Padang,Sumbar

Kapolda Sumbar akui kerja sama semua pihak naikkan capaian vaksinasi

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra (ANTARA/ HO Polda Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengakui adanya kerja sama seluruh pihak di daerah setempat membawa dampak dengan naiknya capaian vaksinasi COVID-19 di Sumbar hingga melebihi ambang batas nasional yakni 70 persen.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas partisipasi Forkopimda dan masyarakat yang menyukseskan perlombaan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) yang digelar 8-22 Januari 2022," kata dia di Padang, Kamis.

Menurut dia perlombaan Sumdarsin sebetulnya hanya sebuah metode, bukan dari akhir sasaran yang diharapkan agar total warga yang menjalani vaksinasi semakin banyak.

Ia menyebutkan capaian vaksinasi di Sumatera Barat pada September 2021 cukup rendah yakni 16 persen, padahal di akhir Desember harus mencapai 70 persen.

"Itu adalah target dari bapak Presiden," kata dia.

Hal ini tentu membuat semua pihak harus bekerja keras untuk mencapai 70 persen dan dirinya meyakini dan percaya itu semua bisa tercapai bukan karena kerja polisi saja.

"Walaupun tadi kita saksikan para pemenang lomba Sumdarsin ini banyak representasi polisi, tapi panitia gabungan dari Pemprov, Polda, Korem, dan seterusnya," katanya.

Ia mengatakan tanpa kerja keras dan tanpa sinergi dari seluruh Forkopimda capaian itu sulit diwujudkan dan kesuksesan capaian vaksinasi itu karena dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ketersediaan vaksinnya, kesiapan tim vaksinator, dan ketiga adalah bagaimana cara menggerakkan massa untuk vaksin.

"Tujuan akhirnya bukan siapa yang menang maupun siapa yang kalah, setidaknya kita semua telah berpartisipasi menyumbangkan angka capaian vaksinasi," kata dia.

Hasil perlombaan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) dimenangkan oleh Polda Sumbar dengan total capaian vaksin 134.198 dosis sebagai juara satu. Diikuti Polresta Padang dengan total capaian vaksin 98.198 dosis di peringkat dua dan Pemkot Padang dengan total capaian vaksin 92.999 dosis.

Sementara untuk juara harapan satu diraih Polres Bukittinggi dengan total capaian vaksin 84.008 dosis. Kemudian juara harapan dua yakni Polres Payakumbuh dengan total capaian vaksin 60.438 dosis dan Polres Agam dengan total capaian vaksin 48.629 dosis sebagai juara harapan ketiga.

Sementara untuk hadiah hiburan diraih Polres Pasaman Barat dengan total capaian vaksin 43.680 dosis, kemudian Polres 50 Kota dengan total capaian vaksin 26.315 dosis.

Setelah itu Polres Pesisir Selatan dengan total capaian vaksin 26.141 dosis, kemudian Polres Pariaman dengan total capaian vaksin 23.851 dosis serta Polres Pasaman dengan total capaian vaksin 23.834 dosis dan Polres Tanah Datar dengan total capaian vaksin 21.723 dosis.