PLN UP3 Bukittinggi memperingati bulan K3 Nasional dengan optimistis

id PLN, UP3 Bukittinggi

PLN UP3 Bukittinggi memperingati bulan K3 Nasional dengan optimistis

PLN UP3 Bukitinggi gelar apel peringatan bulan K3. (ANTARA/HO-PLN)

Bukittinggi (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi awali peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2022 dengan apel peringatan, bertempat di lapangan depan PLN UP3 Bukittinggi.

Hadir dalam apel pada 25 Januari 2022 tersebut jajaran manajemen UP3, seluruh pegawai UP3, Tenaga Ahli Daya (TAD), serta beberapa vendor rekanan.

Bulan K3 Nasional berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari setiap tahunnya. Tahun ini, sesuai keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, Bulan K3 Nasional Tahun 2022 mengusung Tema; "Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi".

Disebutkan Syaiful Azhari Siregar, Manager UP3 Bukittinggi dalam sambutannya, 53% dari 70% usia produktif pekerja di Indonesia merupakan generasi milenial dan gen Z, yaitu generasi yang sangat aktif menggunakan teknologi digital dalam kesehariannya. Berangkat dari hal tersebutlah tema K3 Nasional Tahun 2022 terbentuk.

‘’Dalam hal perlindungan K3 ini merupakan tantangan baru yang dinamis. Diperlukan strategi baru yang dapat menyesuaikan antara hubungan kerja dengan pengendalian terhadap potensi bahaya. Karena akibat perkembangan teknologi, potensi bahaya bisa ditemukan di banyak tempat, karena teknologi membuat pekerja dapat bekerja dari manapun dan dengan metode yang semakin beragam,’’ jelas Syaiful.

Seusai apel, manajemen PLN UP3 Bukittinggi dan seluruh peserta apel lakukan penandatanganan Komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2022.

Dijelaskan Syaiful, penandatangan komitmen ini menandai optimistis
PLN UP3 Bukiutinggi gelar apel peringatan bulan K3, yang disertai dengan penandatangan komitmen bersama. (ANTARA/HO-PLN)
UP3 Bukittinggi untuk melakukan penguatan Budaya K3 pada setiap proses bisnis kelistrikan demi mewujudkan zero accident di era digitalisasi.

Akhir acara Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 di UP3 Bukittinggi dimeriahkan dengan Lomba "Rangking 1", yaitu kompetisi antar pegawai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar K3 di lingkungan kerja PLN. Melalui kompetisi ini, PLN UP3 Bukittinggi berupaya menumbuhkan kesadaran pegawai mengenai Budaya K3 di lingkungan kerja.*