Hasil pemutakhiran DPB, KPU Bukittinggi tetapkan jumlah pemilih 80.741 orang

id Jam Gadang Kota Bukittinggi,sumbar,KPU Jam Gadang Kota Bukittinggi,KPU Bukittinggi,jumlah pemilih bukittinggi

Hasil pemutakhiran DPB, KPU Bukittinggi tetapkan jumlah pemilih 80.741 orang

Jam Gadang Kota Bukittinggi. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi merilis rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) sebanyak 80.741 orang per Januari 2022.

Komisioner KPU Kota Bukittinggi Divisi Perencanaan Data dan Informasi Zulwida Rahmayeni menyebut angka tersebut ditetapkan dalam rangka menindaklanjuti amanah PKPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

“Jumlah DPB sebelumnya sebanyak 80.616 pemilih berubah menjadi 80.741 pemilih, yang terdiri dari 39.607 pemilih laki-laki dan 41.134 pemilih perempuan," kata Zulwida di Bukittinggi, Selasa.

Menurutnya terjadi kenaikan jumlah pemilih di Kota Bukittinggi sebanyak 125 pemilih yang tersebar dalam 24 Kelurahan di 3 Kecamatan yang ada di Kota Bukittinggi.

Zulwida mengatakan KPU Bukittinggi melibatkan Disdukcapil Kota Bukittinggi dalam merangkum data pemilih sesuai Pasal 12 ayat 2 PKPU Nomor 6 tahun 2021, bahwa pemilih yang memenuhi persyaratan dalam data pemilih berkelanjutan harus memiliki KTP.

"Selain bersumber dari Disdukcapil, KPU Bukittinggi juga bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk data pemilih yang alih status dari sipil menjadi TNI/Polri atau sebaliknya, misal karena sudah pensiun dan kembali menjadi warga sipil hingga hak pilihnya dapat diakomodir kembali," kata dia.

Hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan (DPB) untuk Januari 2022, terdata pemilih baru sebanyak 363 orang, dan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 238 orang.

Ia juga menjelaskan bahwa keterlibatan Bawaslu Kota Bukittinggi juga ada dalam memberikan masukan terhadap data pemilih dalam bentuk data hasil uji petik ke lapangan.

“Selain itu, juga terdapat perubahan data pemilih yaitu mereka yang sebelumnya belum memiliki KTP kemudian kini sudah berstatus memiliki KTP sebanyak 993 orang,” katanya. (*)