Dolar stabil di sesi Asia jelang pertemuan Fed, bitcoin dekat terendah 6 bulan

id kurs dolar,indeks dolar,sesi Asia,uang kripto,bitcoin,pertemuan Fed

Dolar stabil di sesi Asia jelang pertemuan Fed, bitcoin dekat terendah 6 bulan

Pekerja menunjukkan uang dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Rabu (5/1/2022). Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore ditutup melemah 58 poin atau 0,41 persen ke posisi Rp14.371 per dolar AS dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.313 per dolar AS yang dipicu antisipasi pelaku pasar terhadap pengetatan kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve pada tahun ini. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Hong Kong, (ANTARA) - Dolar diperdagangkan stabil di sesi Asia pada Senin pagi, menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve AS pekan ini, sementara bitcoin berada di dekat level terendah enam bulan akhir pekan lalu, setelah terpukul aksi jual di saham-saham teknologi.

"The Fed telah menguasai pasar. Dan minggu ini, itu akan sekali lagi tarik menarik," kata Frederic Neumann, kepala penelitian ekonomi Asia HSBC, dalam catatan pagi.

Upaya untuk memprediksi kapan dan seberapa cepat bank sentral akan menaikkan suku bunga dan mengakhiri program stimulus yang diluncurkan ketika COVID-19 melanda adalah faktor utama yang mendorong pasar mata uang saat ini.

"Apa yang akan mendorong investor untuk bergegas adalah panduan yang mungkin diberikan Ketua Powell pada konferensi persnya tentang pengetatan kuantitatif nanti pada tahun 2022," kata Neumann, menambahkan bahwa dia tidak memperkirakan perubahan kebijakan.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga Fed memulai pertemuan dua hari pada Selasa (25/1/2022) dengan beberapa analis mulai berspekulasi bahwa mungkin, meskipun tidak mungkin, akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai.

"Kami menganggap risiko yang lebih tinggi adalah pernyataan FOMC yang menggambarkan urgensi untuk segera bertindak, kemungkinan pada Maret, dalam menghadapi inflasi yang sangat tinggi. Urgensi tersebut dapat berujung pada keputusan untuk menghentikan pelonggaran kuantitatif secara tiba-tiba pada pertengahan Februari," kata analis di Commonwealth Bank of Australia dalam sebuah catatan.

"Pernyataan bullish dan/atau akhir yang lebih cepat untuk program QE (pelonggaran kuantitatif) bahkan dapat mendorong pasar untuk menilai risiko kenaikan suku bunga 50 basis poin pada Maret," tambah mereka, dengan mengatakan mereka pikir ini akan menyebabkan reaksi spontan yang lebih tinggi dalam dolar.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya stabil di 95,682 pada Senin pagi.

Juga dalam agenda pedagang minggu ini adalah pertemuan Januari oleh bank sentral Kanada (BoC), berakhir tepat sebelum The Fed, di mana kemungkinan kenaikan suku bunga, dan data inflasi Australia yang akan dirilis Selasa (25/1/2022), yang akan memandu sikap bank sentral Australia (RBA) Australia pada pertemuan bulan berikutnya.

Pada Senin pagi dolar Aussie berada di 0,7180 dolar AS, ujung bawah kisaran baru-baru ini. Mata uang yang ramah risiko ini dijual akhir pekan lalu karena para pedagang membuang aset seperti ekuitas, serta aset yang bahkan lebih berisiko seperti mata uang kripto.

Bitcoin berada di 36.026 dolar AS, setelah jatuh 10 persen pada Jumat (21/1/2022) dan turun ke level 34.000 dolar AS pada Sabtu (22/1/2022) level terendah sejak Juli 2021.

Mata uang kripto terbesar di dunia itu telah hampir setengah nilainya sejak rekor puncaknya 69.000 dolar AS pada November.

Aksi jual merugikan sebagian besar aset digital, dan ether, mata uang krito terbesar kedua di dunia berada di 2.516 dolar AS, juga mencapai level terendah sejak Juli pada Sabtu (22/1/2022), yaitu 2.300 dolar AS.

Pedagang mengatakan bahwa ketika investor institusional meningkatkan eksposur mereka terhadap mata uang krito, pergerakan mereka lebih berkorelasi erat dengan aset-aset berisiko lainnya.

Kembali di pasar mata uang tradisional, sterling mendekati level terendah dua minggu di 1,3551 dolar, dan euro berada di 1,1333 dolar.

Yen berada di ujung yang lebih kuat dari kisaran baru-baru ini, dengan satu dolar di 113,7 yen tidak jauh dari 113,47 yang disentuh 10 hari sebelumnya. Penurunan di bawah level itu akan menjadi level terendah lima minggu untuk dolar.