Disnakerin Kampar belajar ke Pemkot Payakumbuh untuk membangun sentra IKM

id Dekranasda, Disnakerin, SIKIM

Disnakerin Kampar belajar ke Pemkot Payakumbuh untuk membangun sentra IKM

Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian menerima kunjungan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kampar, Provinsi Riau untuk belajar pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kamis. (ANTARA/HO)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian menerima kunjungan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kampar, Provinsi Riau untuk belajar pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kamis (20/1).

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kampar Sasminedi mengatakan kedatangan mereka dalam rangka koordinasi dan konsultasi tentang Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SIKIM).

“Kami melihat IKM di Kota Payakumbuh begitu menggeliat, apalagi punya Sentra Industri Randang yang baru pertama kali ada di dunia. Sudah tepat rasanya kami kesini untuk menggali hal-hal baru yang mungkin bisa kami adaptasi di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Rencananya Disnakerin Kabupaten Kampar dalam waktu dekat ini akan membentuk Sentra IKM. Saat ini Industri rumahan sudah ada seperti industri ikan salai namun belum dikelola dalam bentuk UPTD.

“Kami ingin seperti Kota Payakumbuh yang setiap tahun mendapatkan bantuan anggaran dari kementerian,” ujarnya.

Ia mengatakan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustriannya yang sudah berbagi informasi terkait SIKIM ini, bahan ini akan disampaikan dan dilaporkan langsung kepada pimpinan mereka sepulang dari Kota Payakumbuh.

“Semoga Kota Payakumbuh dan dengan brand Randang Ikosero semakin berkembang dan lebih dikenal oleh para pecinta kuliner dan pengusaha di seluruh Indonesia bahkan dunia nantinya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Disnakerin Kota Payakumbuh Usfa Haryanti mengatakan Kampar dan Payakumbuh ini punya banyak kesamaan, yang pastinya daerah bertetangga, tentu dalam hal yang bersifat umum ada kemiripan.

“Apa yang sudah menjadi tujuan berkunjung kesini mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa menjadi bahan rujukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Kampar berkaitan dengan SIKIM. Kebetulan pas sekali bertemu langsung dengan orang-orang yang berperan dalam proses perkembangan UPTD Sentra Rendang Payakumbuh,” ujarnya.