Operasi pasar minyak goreng murah ramai didatangi masyarakat Payakumbuh

id berita payakumbuh,berita pasar,migor

Operasi pasar minyak goreng murah ramai didatangi masyarakat Payakumbuh

Mayarakat Payakumbuh datang memenuhi operasi pasar minyak goreng murah yang dilaksanakan di Jalan Soekarno Hatta, Kamis (20/1). (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Hari ini kita melakukan operasi pasar, yakni operasi pasar minyak goreng dalam rangka untuk membantu masyarakat,
Payakumbuh (ANTARA) - Operasi pasar minyak goreng murah difasilitasi Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh di Jalan Sudirman Payakumbuh ramai didatangi masyarakat kota itu, Kamis (20/1).

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Israneldi mengatakan harga minyak goreng di operasi pasar tersebut dijual Rp14 ribu untuk satu liter.

"Hari ini kita melakukan operasi pasar, yakni operasi pasar minyak goreng dalam rangka untuk membantu masyarakat. Setiap masyarakat hanya boleh membeli masing-masing dua liter," ujarnya.

Ia mengatakan program operasi pasar ini dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Barat dan Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh hanya sebagai fasilitator.

"Jadi kita hanya menyediakan tempat dan tenaga untuk dapat membuat operasi pasar ini lancar serta sukses," katanya.

Disampaikannya, bahwa operasi pasar minyak goreng murah ini hanya dilaksanakan selama satu hari di Jalan Sudirman Payakumbuh.

"Untuk Kota Payakumbuh ini jatah kita sebanyak 7.000 liter dan dilaksanakan di satu titik. Rencananya itu dilaksanakan di lima titik tapi hanya disetujui di satu titik saja," ungkapnya.

Menurutnya, stok minyak goreng selain di operasi pasar mencukupi di Kota Payakumbuh namun harganya memberatkan masyarakat.

"Harga minyak goreng mulai naik di awal tahun 2022 ketika adanya kebijakan tidak adanya minyak curah dan meningkatnya harga CPO dari luar negeri. Ini yang membuat harga minyak kemasan langsung melejit," katanya.

Agar masyarakat tidak datang berkali-kali, setiap masyarakat yang telah membeli minyak goreng murah akan diberikan tanda dengan mencelupkan jarinya ke tinta.

Warga Labuah Basilang, Ichalasul (42) mengungkapkan bahwa dia sangat terbantu dengan minyak goreng murah karena saat ini harga dua liter minyak goreng Rp28 ribu.

"Saat ini satu liter Rp14 ribu karena mendapatkan jatah dua liter jadi hanya Rp28 ribu dan ini untuk kami bisa tahan untuk satu bulan," ujarnya.