Pemkot Solok kembangkan sarana penunjang Agrowisata Payo

id berita solok,berita sumbar,payo

Pemkot Solok kembangkan sarana penunjang Agrowisata Payo

Agrowisata Batu Patah Payo. (Antarasumbar/HO-Diskominfo Kota Solok)

Kali ini Pemkot Solok melalui Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok melaksanakan penyusunan kajian sistem transportasi pendukung pengembangan kawasan Agrowisata Payo,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat berupaya melakukan pembenahan dan pengembangan sarana penunjang agrowisata Batu Patah Payo untuk menambah daya tarik wisatawan serta memulihkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kali ini Pemkot Solok melalui Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok melaksanakan penyusunan kajian sistem transportasi pendukung pengembangan kawasan Agrowisata Payo dalam rangka meningkatkan aksesibilitas Agrowisata Payo," Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar di Solok, Rabu, saat pelaksanaan rapat kerja bersama di Aula Bappeda Kota Solok.

Kajian tersebut, kata dia terlaksana atas kerja sama Balitbang Kota Solok dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) Padang dan melibatkan Tim Teknis dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Zul menjelaskan bahwa Payo merupakan kawasan agrowisata yang terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 900 MDPL.

Kawasan ini masih perlu dikembangkan, salah satu caranya melalui perbaikan sistem transportasi menuju Agrowisata Payo yang berjarak 4,6 kilometer dari pusat Kota Solok.

"Oleh karena itu, dibutuhkan penyusunan kajian sistem transportasi pendukung pengembangan kawasan Agrowisata Payo," ucap dia.

Selain itu, ia mengharapkan kajian tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi pembangunan Kota Solok di sektor pariwisata nantinya.

“Semoga hal ini berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke Kota Solok dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, aksesibilitas tidak dapat terpisahkan dari destinasi pariwisata," kata dia.

Ia juga berharap nantinya ada oleh-oleh atau suvenir yang khas di Agrowisata Payo agar menarik wisatawan berkunjung, seperti kopi dan sayuran organik.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsih dalam pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo ini," ucap dia.

Agrowisata yang berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Solok itu menyuguhkan pemandangan sawah khas Solok, setelah itu hamparan hutan dan kebun menjadi penyejuk mata saat kendaraan menikung dan mendaki terjalnya jalan menuju agrowisata tersebut.

Selain itu, bagi pecinta bunga, agrowisata Batu Patah Payo sangat tepat dan direkomendasikan untuk dikunjungi, sebab di sana ada penangkaran khusus bunga krisan. Bunga yang indah dengan berbagai macam pilihan warna.

“Segala potensi yang ada di Kota Solok, selain bunga krisan masih banyak potensi lainnya yang dapat dikembangkan," ujar dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022