Ini pesan bupati Pessel saat lantik kepala sekolah dan pengawas

id BERITA PESSEL,BERITA PAINAN,BERITA SUMBAR

Ini pesan bupati Pessel saat lantik kepala sekolah dan pengawas

Bupati Rusma Yul Anwar melantik para kepala sekolah dan pengawas.

Painan (ANTARA) - Bupati Rusma Yul Anwar mengingatkan kepada kepala sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP agar melakukan transpormasi pendidikan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas.

Hal itu disampaikannya saat melantik sebanyak 241 orang kepala TK, SD, SMP dan Pengawas TK/SD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, di Gedung PCC, Jumat.

Dalam arahannya bupati meminta para kepala sekolah dan pengawas sekolah agar mempelajari tugas dan fungsi masing-masing.

Apabila tupoksi sudah dipahami sehingga kerja yang dilaksanakan dapat berjalan secara baik dan benar.

Bupati, juga meminta agar para kepala sekolah bersama tenaga pendidik melakukan transformasi pendidikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Saya berharap kepala sekolah dan pengawas sekolah yang dilantik hari ini segera bekerja dan melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya serta melakukan transformasi pendidikan," tegasnya.

Kemudian, katanya, kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan kunci penentu maju mundurnya suatu sekolah.

"Tugas yang kompleks tersebut tidak dapat dirumuskan seluruhnya ke dalam suatu prosedur tugas kepala sekolah. Meskipun demikian, standar minimal prosedur tugas kepala sekolah dapat digolongkan pada beberapa hal pokok yaitu sebagai pendidik, manejer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator,"jelasnya.

Apalagi, kata bupati, pembangunan bidang pendidikan merupakan skala prioritas menjadi salah satu indikator penting kemajuan suatu bangsa dan menjadi aset jangka panjang.

Karenanya, Pemkab Pesisir Selatan sangat fokus dan cunsern memajukan dunia pendidikan melalui program dan kegiatan. Bentuknya baik dalam peningkatan sarana dan prasarana, kualitas guru dan kepala sekolah serta aparatur pendidikan lainnya.

Begitu juga dengan alokasi anggaran bidang pendidikan yang dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Kendati demikian, bahwa pembangunan bidang pendidikan tetap butuh dukungan dari semua elemen masyarakat.

"Membangun bidang pendidikan, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi merupakan tanggungjawab bersama. Saya mengajak semua elemen ikut berpartisipasi membangun bidang pendidikan," imbaunya.