Sawahlunto juara umum penyuluh dan petani teladan tingkat Sumbar

id berita sawahlunto,berita sumbar,juara

Sawahlunto juara umum penyuluh dan petani teladan tingkat Sumbar

Penyuluh dan petani berprestasi tingkat Sumbar dari Kota Sawahlunto. (Antarasumbar/HO-Dinas Pertanian Sawahlunto)

Prestasi itu diperoleh karena Kota Sawahlunto memperoleh juara pada tiga kategori penghargaan,
Sawahlunto (ANTARA) - Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, meraih juara umum penghargaan ketenagaan penyuluhan pertanian tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jum'at.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikananan (DKP3) Kota Sawahlunto, Heni Purwaningsih di Sawahlunto, Jum'at, mengatakan prestasi itu diperoleh karena Kota Sawahlunto memperoleh juara pada tiga kategori penghargaan.

"Untuk kategori penyuluh pertanian PNS teladan berprestasi itu meraih juara pertama atau terbaik, atas nama Yarnismayeni yang merupakan penyuluh di Desa Talawi Hilir, Sawahlunto.

Kemudian dikategori penyuluh pertanian swadaya teladan berprestasi, Sawahluto meraih juara kedua, atas nama Khairun KH yang merupakan petani di Desa Talago Gunuang," ujar dia merinci.

Setelah itu, untuk kategori petani berprestasi Sawahlunto memperoleh juara ketiga, atas nama Sri Pemuliati yang merupakan petani di Desa Kolok Nan Tuo.

"Ini menunjukkan, kemampuan atau kompetensi dari petani dan penyuluh di Sawahlunto tidak kalah dari kabupaten/kota lainnya. Bahkan bisa lebih, karena mampu unggul mendapatkan juara umum," katanya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi prestasi petani dan penyuluh tersebut, sambil meminta agar prestasi itu dapat berdampak pula pada peningkatan mutu hasil pertanian di kota itu.

"Alhamdulillah, ini bukti petani dan penyuluh Sawahlunto ada di jalur yang baik dan benar serta diakui bahkan mendapat penilaian sebagai juara di tingkat provinsi. Kami berpesan agar prestasi ini ditularkan kepada semua petani Sawahlunto, sehingga hasil pertanian kota ini juga berprestasi," kata dia.

Ia mengajak para penyuluh dan petani teladan untuk bersama-sama mendampingi petani lainnya dalam mengelola berbagai bantuan bibit, ternak dan sarana pertanian yang telah diberikan pemerintah.

"Pemkot telah menyerahkan berbagai bantuan dalam rangka mendorong peningkatan pertanian. Ini butuh peran penyuluh dan petani teladan berprestasi dalam mendampingi para petani yang menerima bantuan tersebut sehingga terjadi pengelolaan bantuan yang maksimal yang berdampak pada hasil panen meningkat sesuai harapan," jelas dia.