Polresta siapkan rekayasa arus pantai Padang saat tahun baru

id berita padang,berita sumbar,polisi

Polresta siapkan rekayasa arus pantai Padang saat tahun baru

Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, Kombes Pol Imran Amir. (Antarasumbar/Fathul Abdi)

Saat malam tahun baru tidak ada penyekatan,
Padang (ANTARA) - Pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar menyiapkan rekayasa arus lalu lintas di kawasan Pantai Padang pada malam pergantian tahun 2021 ke 2022.

"Saat malam tahun baru tidak ada penyekatan, namun kami melakukan pembatasan. Terutama arus menuju lokasi wisata Pantai Padang," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, Kombes Pol Imran Amir di Padang, Selasa.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas di kawasan Pantai Padang itu mulai diberlakukan pada 31 Desember 2021 sekitar pukul 14.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

Jalur masuk ke kawasan Pantai Padang hanya dibuka di tiga titik yaitu di Jalan Samudera tepatnya depan Masjid Al Hakim, Jalan Hang Tuah, dan Jalan Olo Ladang.

Sementara untuk akses keluar lokasi wisata yang biasanya ramai pada malam pergantian tahun itu dibuka satu jalur yakni di Simpang NPM, tepatnya depan Kantor Polsek Padang Barat.

Imran menyebutkan masyarakat yang hendak masuk kawasan pantai atau yang lebih dikenal dengan "Taplau" adalah warga yang telah vaksin kedua.

Pihaknya bersama Dinas Kesehatan Padang telah menyiapkan kode batang (barcode) Pedulilindungi untuk mendeteksi status vaksinasi pengunjung.

“Kami juga menyiapkan vaksinasi bagi warga yang belum mendapatkan vaksin kedua yaitu di Masjid Al Hakim,” kata Kapolres "urang awak" itu.

Kapolres menegaskan larangan bagi masyarakat untuk membuat kegiatan yang bisa memicu kerumunan, menggelar arak-arakan, pesta kembang api, dan sejenisnya.

Selain Pantai Padang, akses pintu masuk di GOR H Agus Salim juga ditutup. Sedangkan akses satu jalur juga diberlakukan pada akses menuju Jembatan Siti Nurbaya dari Nipah ke Bukit Gado-gado.

Untuk melakukan pengamanan pada saat malam pergantian tahun Polresta Padang megerahkan 300 personel gabungan yang juga mengantisipasi tindak kejahatan.