Padang Timur tasbihkan diri sebagai juara umum Porkota Padang 2021

id Porkota Padang,Sumbar,Padang

Padang Timur tasbihkan diri sebagai juara umum Porkota Padang 2021

Pj Sekda Padang Arfian didampingi Ketua KONI Padang Yusra Syarif mengalungkan medali di ajang Porkota Padang (ANTARA/ KONI Padang)

Padang (ANTARA) - Kecamatan Padang Timur berhasil keluar sebagai juara Pekan Olahraga Kota (Porkota) Padang 2021 dengan raihan 49 medali emas, 39 perak dan 29 perunggu dalam Pekan Olahraga Kota Padang (Porkota) Padang Tahun 2021

Kecamatan Padang Timur berhasil mendahului Kecamatan Lubuk Begalung yang sebelumnya kokoh di puncak klasemen dan harus rela berada di peringkat kedua dengan 43 emas, 27 perak dan 36 perunggu. Kemudian tempat ketiga Kecamatan Koto Tangah dengan 41 emas, 29 perak dan 56 perunggu.

Porkota Padang sendiri mempertandingkan 28 cabang olahraga dan diikuti 11 kecamatan yang ada di kota berpenduduk 900 ribu jiwa tersebut.

Porkota Padang yang berlangsung sejak 15 Desember dan resmi ditutup Wali Kota Padang yang diwakili Pj Sekda Arfian di Stadion H aji Agus Salim, Selasa (21/12) sore.

Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum Porkota Padang 2021 diserahkan langsung Pj Sekda Arfian diterima Camat Padang Timur yang sebelumnya didahului pengalungan medali kepada pemenang cabang sepakbola.

Pj Sekda Arfian atas nama Pemerintah Kota Padang mengaku bersyukur gelaran Porkota Padang di tahun ini dengan berjalan lancar dan sukses.

"Harapan kita tentunya, melalui Porkota ini nantinya akan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi serta unggul dan berdaya saing dari Kota Padang untuk Sumatera Barat dan juga Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat kita gelar terus berkelanjutan sekali dua tahun dan dengan penyelenggaraan yang lebih baik dan semarak lagi tentunya," kata dia.

Menurut dia ajang Porkota ini digelar juga dalam rangka persiapan Kota Padang menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2023 mendatang dan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh Tahun 2024.

"Jadi persiapannya kita mulai dari sekarang melalui Porkota ini. Alhamdulillah para atlet dalam kompetisi ini memberikan penampilan terbaiknya. Karena bagi atlet di masing-masing cabor yang terbaik tentu akan dilirik untuk mewakili Padang pada Porprov nantinya. Jayalah olahraga Kota Padang," katanta

Sementara itu Ketua KONI Padang Yusra mengatakan Porkota Padang 2021 ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan sejak pelantikan pengurus di bawah kepemimpinannya.

Alasan kuat pihaknya menggelar kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan wadah bagi para atlet kota Padang untuk saling menguji kemampuan sesama atlet karena selama pandemi COVID-19 tidak ada wadah kegiatan untuk berlaga.

"Kita dari KONI Kota Padang berterima kasih kepada pihak 11 kecamatan yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Porkota tahun 2021 ini. Begitu juga kepada Dispora Kota Padang, panitia penyelenggara dan semua unsur yang mendukung penyelenggaraan Porkota Padang 2021 ini," ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Porkota Padang 2021 Erizal Syaf menyebutkan total cabor yang akan dipertandingkan dalam Porkota Padang 2021 sebanyak 28 cabor dengan melibatkan 2.339 atlet ditambah official dan pelatih 63 orang dari 11 kecamatan.

Dalam kesempatan itu hadir Kadispora Sumbar Ketua KONI Sumbar Agus Suardi, dan Ketua KONI Kota Padang Yusra, unsur Forkopimda Padang dan sejumlah Anggota DPRD Kota Padang serta Camat se-Kota Padang beserta jajaran dan unsur terkait lainnya.