KPID Sumbar beri Menkominfo anugerah tokoh penyiaran nasional

id Kpid sumbar,Berita sumbar

KPID Sumbar beri Menkominfo anugerah tokoh penyiaran nasional

Jumpa pers jelang Pemberian Anugerah KPID Sumbar di Padang, Senin

Padang (ANTARA) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Sumatera Barat memberikan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate sebagai tokoh penyiaran nasional dalam Anugerah KPID Sumbar 2021.

"Selain Menkominfo, kita juga berikan kepada Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dan Komisioner KPI pusat Yuliandre Darwis," kata Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang dalam jumpa pers jelang Anugerah KPID Sumbar di Padang,Senin.

Menurut dia pemberian ini sebagai apresiasi kepada tokoh nasional yang berhasil menggerakkan penyiaran digital dari siaran analog menjadi siaran digital.

"Mereka telah bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut," kata dia.

Padahal, lanjutnya rencana penyiaran digital ini sudah diapungkan sejak tujuh tahun lalu namun baru pada November 2022 ini dilakukan migrasi secara nasional.

Menurut dia Anugerah KPID Sumbar 2021 ini merupakan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh lembaga penyiaran yang telah menayangkan siaran berkualitas yang mampu mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Penghargaan juga diberikan kepada para tokoh yang dipandang telah memberikan perhatian, dukungan kepada perkembangan dunia penyiaran di Sumbar.

"Baik pejabat publik, legislatif dan perguruan tinggi, tokoh nasional. Ada 6 kategori dan 7 kategori khusus," katanya.

Ada 10 tokoh yang akan diberikan penghargaan dengan rincian enam tokoh inspiratif dan empat tokoh peduli penyiaran, satu kepala daerah dan ada satu stasiun televisi berjaringan terbaik

Pelaksanaan Anugerah KPID Sumbar 2021 akan digelar Selasa (21/12) di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat.

"Ada presenter dan penyiar terbaik. Kita angkat tema Spirit Penyiaran Digital Membangun Sumatera Barat," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Anugerah KPID Sumbar 2021 Andres mengatakan, yang akan diberikan penghargaan yaitu program siaran radio dan televisi.

"Dengan kategori, berita, anak, talk show, feature, iklan layanan masyarakat, siaran ramadhan," katanya.

Kategori khusus untuk stasiun sistem jaringan terbaik, lembaga penyiaran berlangganan terbaik, kepala daerah peduli penyiaran, tokoh peduli penyiaran, tokoh penyiaran nasional, penyiar terbaik, presenter terbaik dan lembaga penyiaran terbaik nasional

Untuk penjurian pada Anugerah KPID Sumbar 2021 disamping tujuh orang komisioner KPID Sumbar, ada perwakilan juri dari luar KPID yakni Sumartono dari unsur akademisi, Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman, Perwakilan MUI Sumbar Awis Karni, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Riska Eka Putri.