Man City gunduli Newcastle 4-0 untuk pastikan habiskan Natal di puncak klasemen Liga Premier

id Liga Inggris,Manchester City,Newcastle United

Man City gunduli Newcastle 4-0 untuk pastikan habiskan Natal di puncak klasemen Liga Premier

Pemain Manchester City Joao Cancelo dan rekannya Bernardo Silva saat merayakan gol ketika City menang besar 4-0 atas Newcastle United di St James' Park, Newcastle, Inggris, 19 Desember 2021. (REUTERS/SCOTT HEPPELL)

Jakarta, (ANTARA) - Pemain Manchester City Joao Cancelo mencetak satu gol dan membuat satu assist ketika mereka mengalahkan Newcastle United 4-0 pada Minggu malam untuk memastikan mereka menghabiskan Hari Natal di puncak klasemen Liga Premier.

Tim tamu dihadiahi gol pembuka pada menit kelima ketika Cancelo mengirimkan umpan silang akrobatik kepada Ruben Dias untuk diteruskan masuk ke gawang yang kosong dengan sundulan setelah miskomunikasi antara kiper Newcastle Martin Dubravka dan bek Ciaran Clarke.

Cancelo menggandakan kedudukan pada menit ke-27 setelah menusuk dari sayap kanan dan menutup solo run dengan tendangan menakjubkan guna membungkam penonton tuan rumah.

Newcastle gagal mendapatkan tendangan penalti padahal sepertinya itu jelas penalti saat waktu pertandingan menunjukkan tepat setengah jam ketika kiper City Ederson menabrak Ryan Fraser, tetapi baik wasit Martin Atkinson maupun VAR memutuskan yang sebaliknya.

Meskipun memulai babak kedua dengan sepasang penyelamatan menawan yang dilakukan Dubravka, Newcastle semakin kedodoran ketika Mahrez menyambut umpan silang Kevin De Bruyne dari sayap kiri dengan tendangan voli pada menit ke-63 untuk mencetak gol ke-50 yang dia kemas di Liga Inggris.

Newcastle sudah memasukkan pemain cadangan Allan Saint-Maximin sejak babak pertama untuk menggantikan Joe Willock tetapi mereka hanya berhasil membuat sebuah upaya tepat sasaran selama 90 menit bermain, dari sundulan jarak dekat Callum Wilson yang memaksa Ederson membuat penyelamatan satu tangan yang luar biasa.

Penampilan ngotot Sterling di sayap membuahkan hasil pada menit ke-86 ketika Gabriel Jesus mengarahkan bola melintasi gawang untuk disambut Sterling dengan mencetak gol penutup kemenangan.

Performa dominan membuat City tetap di puncak klasemen dengan 44 poin atau empat poin di atas Liverpool yang berada pada posisi kedua dan segera bertanding melawan tuan rumah Tottenham Hotspur dalam hari yang sama.

Itu juga berarti enam poin di atas Chelsea yang tetap urutan ketiga setelah ditahan imbang 0-0 oleh tuan rumah Wolverhampton Wanderers.

Newcastle tetap urutan kedua terbawah dengan 10 poin, demikian laporan Reuters. (*)