Ribuan warga terisolir pascajalan masuk Tiku Lima Jorong Agam banjir

id Banjir,agam, tiku

Ribuan warga terisolir pascajalan masuk Tiku Lima Jorong Agam banjir

Salah seorarga sedang melewati banjir menggenangi jalan masuk ke daerah itu, Minggu (19/12). (ANTARA/Dok Sekna Tiku Lima Jorong)

Lubuk Basung (ANTARA) - Sekitar 4.000 warga Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat terisolir pascajalan menuju nagari itu digenangi banjir kirima akibat meluapnya air Sungai Batang Masang dan Sungai Batang Antokan, Minggu (19/12).

Sekretaris Nagari Tiku Lima Jorong, Anaswar di Lubukbasung, Minggu, mengatakan ribuan warga itu berasal dari Jorong Muaro Putih, Jorong Subang-subang, Jorong Labuhan, Jorong Gadih Angik dan Jorong Masang.

"Warga tidak bisa keluar untuk mengurus keperluan ke daerah lain, namum aktivitas masyarakat seperti biasa. Untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih aman beberapa minggu kedepan," katanya.

Ia mengatakan, warga tidak bisa ke daerah lain karena jalan utama digenangi air setinggih 0,5 sampai 1,5 meter, sehingga kendaraan tidak bisa melalui daerah lain.

Banjir juga menggenangi jalan alternatif menuju pusat pemerintahan kecamatan dan pusat pemerintahan provinsi.

"Khusus di Jorong Gadih Angik, titik banjir cukup banyak menggenangi badan jalan," katanya.

Agar masyarakat bisa ke luar, tambahnya, dibutuhkan dua perahu berukuran besar untuk membawa sepeda motor warga.

Pemerintah Nagari Tiku Lima Jorong telah berkoordinasi dengan Satpol Air Polres Agam untuk menurunkan satu unit perahu untuk membawa sepeda motor warga.

"Saat ini masih kurang satu unit perahu di lokasi titik banjir menggenangi jalan utama," katanya.

Sementara itu, Kasat Pol Air Polres Agam, AKP Martono mengatakan pihaknya mengerahkan satu unit perahu untuk membantu warga.

"Perahu sudah berada di lokasi, namun jalan utama ada dua titik banjir di Abdeling Tiga dan Somel. Kendaraan sepeda motor bisa keluar melalui Ujuang Labuang," katanya.

Satgas BPBD Agam beserta perahu juga sudah berada di lokasi. (*)