Kemenkominfo RI umumkan Padang Pariaman raih penghargaan kota pintar 2021

id berita padangpariaman,berita sumbar,kota

Kemenkominfo RI umumkan Padang Pariaman raih penghargaan kota pintar 2021

Bupati Padang Pariaman, Sumbar, Suhatri Bur (kanan) menerima piagam penghargaan Smart City dimensi Smart Branding pada Anugerah Smart City 2021 di Tanggerang, Selasa (14/12). (Antarasumbar/HO-Diskominfo Kabupaten Padangpariaman)

Ini merupakan kado terindah yang dipersembahkan akhir tahun ini dari Dinas Kominfo (Diskominfo) Padang Pariaman untuk warga Padang Pariaman,
Parit Malintang (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI mengumumkan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat meraih penghargaan kota pintar atau ‘smart city’ 2021 untuk dimensi ‘Smart Branding’, Selasa (14/12).

“Ini merupakan kado terindah yang dipersembahkan akhir tahun ini dari Dinas Kominfo (Diskominfo) Padang Pariaman untuk warga Padang Pariaman,” kata Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur di Parik Malintang, Rabu.

Ia mengatakan Diskominfo Padang Pariaman telah ditugaskan mengkoordinir seluruh organisasi perangkat daerah di kabupaten itu untuk mewujudkan program cerdas yang telah disusun dan ditetapkan dalam rencana induk ‘smart city’ untuk tahun 2020-2026.

Hal tersebut, lanjutnya karena perkembangan teknologi semakin pesat yang sekarang telah mencapai revolusi industri 4.0 sehingga pemerintah harus dapat mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi informasi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi maka pelayanan yang diberikan pemerintah akan dapat mudah dan cepat didapatkan oleh masyarakat.

“Padang Pariaman harus terdepan dan maju dalam penggunaan teknologi informasi,” katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menciptakan banyak aplikasi dan mengupayakan ketersediaan internet yang tidak saja untuk memudahkan kerja aparatur pemerintahan namun juga masyarakat.

Namun, lanjutnya dalam mewujudkan kota pintar tidak selesai dengan penghargaan saja karena pihaknya akan terus mengembangkan teknologi informasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Kepala Diskominfo Padang Padang Pariaman, Zahirman mengatakan penghargaan tersebut merupakan bagian dari implementasi gerakan menuju ‘Smart City’ yang dilaksanakan di daerah itu.

“Dan beberapa bulan yang lalu telah dilakukan evaluasi pelaksanaan program ‘Smart City’ oleh Tim ‘Assesment’ (penilaian) dari pemerintah pusat,” kata dia.

Ia mengatakan dari penilaian tersebut dinyatakan bahwa Pemkab Padang Pariaman dinilai mampu dan sukses merancang, membangun serta melaksanakan inovasi untuk semua kategori kota pintar terutama ‘smart branding’.