ABTI gelar turnamen bola tangan tingkat pelajar di Padang

id berita sumbar,berita padang,abti sumbar,pealjar padang

ABTI gelar turnamen bola tangan tingkat pelajar di Padang

Ketua ABTI Padang Manufer Putra Firdaus bersama panitia menggelar turnamen antar pelajar di Padang

Padang (ANTARA) - Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kota Padang akan menggelar turnamen bola tangan tingkat pelajar di daerah itu untuk memunculkan bibit atlet cabang olahraga tersebut.

Ketua Umum Pengurus Kota (Pengkot) ABTI Padang Manufer Putra Firdaus di Padang, Jumat mengatakan turnamen ini diikuti 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang yang digelar kategori putra dan putri yang digelar di lapangan Rafhely Futsal Bypass Padang pada 11-14 Desember 2021.

"Aturan main bola tangan dalam ruangan ini akan melibatkan tujuh pemain yakni enam pemain dan satu penjaga gawang," kata dia.

Ia mengatakan sebelum turnamen digelar, Pengkot ABTI Kota Padang telah melaksanakan kegiatan Coaching Clinic dari 29 November hingga 1 Desember 2021 yang diikuti puluhan peserta, dengan pemateri dari Pengprov ABTI Sumbar.

Menurut dia aktivitas olahraga yang dilaksanakan di lembaga pendidikan bermuara pada pendidikan jasmani dan klub olahraga yang memfasilitasi siswa untuk menyalurkan potensinya agar dapat berprestasi dalam bidang olahraga.

"Menggerakan olahraga sekolah dapat memberikan peluang untuk munculnya atlet pelajar berbakat atau bibit olahragawan potensial, yang dibutuhkan daerah untuk mendukung olahraga prestasi," kata dia.

Sementara salah seorang panitia Antoni Rizal mengatakan selain kehadiran lebih kurang seratusan atlet bola tangan, panitia pelaksana juga melibatkan para pelajar yang dekat dengan lokasi venue pertandingan, seperti pelajar di Kecamatan Koto Tangah dan Kuranji.

Ia menjelaskan konsep turnamen yang diikuti 16 sekolah SMP se-Kota Padang itu dipertandingkan untuk kategori putra dan untuk putri,

"Diharapkan turnamen olahraga pelajar tingkat SMP ini di Kota Bengkuang ini menjadi stimulus dan memberi dampak positif terhadap penjaringan bibit olahragawan Kota Padang menuju kejuaraan resmi Pengurus Besar (PB) atau Pengurus Provinsi (Pengprov) ABTI (Asosiasi Bola Tangan Indonesia) baik tingkat provinsi maupun nasional di masa mendatang," kata dia.***3***