Pemkab luncurkan aplikasi "tourism Solok Selatan"

id berita solok selatan,berita sumbar,wisata

Pemkab luncurkan aplikasi "tourism Solok Selatan"

Petugas pengelola aplikasi tourism Solok Selatan menjelaskan kegunaan dan keunggulan aplikasi untuk mempromosikan produk pelaku wisata, UMKM dan pengusaha hotel. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Selain peluncuran kami juga langsung melatih kelompok sadar wisata (Pokdarwis),
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat meluncurkan aplikasi berbasis Android "tourism Solok Selatan" untuk mendukung kemajuan serta promosi pariwisata setempat.

"Selain peluncuran kami juga langsung melatih kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pelaku UMKM dan pengusaha penginapan tentang aplikasi berbasis Android supaya mereka bisa mempromosikan produknya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Harry Trisna di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, dengan adanya aplikasi berbasis android maka wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisa melihat destinasi yang ada di Solok Selatan.

Semua informasi tentang wisata Solok Selatan ada dalam aplikasi sehingga sangat memudahkan wisatawan dan membantu pelaku wisata serta pendukungnya.

Dengan aplikasi ini, diharapkan bisa mendorong kemajuan pariwisata Solok Selatan supaya perekonomian masyarakat juga bisa bergerak.

"Wisatawan bisa melihat semua informasi wisata dalam aplikasi termasuk harga yang ditawarkan," ujarnya.

Selain itu, wisatawan juga bisa merencanakan tujuan wisatanya sebab dalam aplikasi bukan hanya informasi tentang destinasi tetapi juga penunjang lainnya seperti hotel, kuliner bahkan ada peta wisata untuk memudahkan pengunjung.

Oleh sebab itu, pelatihan bukan hanya diberikan pada pengelola destinasi tetapi juga pelaku UMKM dan pengelola hotel atau penginapan.

Setelah pelatihan ini, akan dilakukan pengimputan data bersama pelaku wisata maupun pedagang kuliner dan perhotelan.

Dia menambahkan, aplikasi berbasis Android ini akan terus dikembangkan sehingga bisa sebagai wadah promosi bagi pelaku wisata dan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan kedepannya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022