Capaian vaksinasi di Bukittinggi capai 90 persen

id Bukittinggi, Vaksinasi ,Sumbar

Capaian vaksinasi di Bukittinggi capai 90 persen

Kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kota Bukittinggi (ANTARA/ Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Capaian angka vaksinasi di Kota Bukittinggi kini telah mencapai angka 90 persen, jumlah tersebut hanya kalah dari Kota Padang Panjang yang masih menempati posisi teratas tingkat vaksinasi di Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, sudah mencapai angka 90 persen capaian vaksinasi di Kota Bukittinggi, kita optimistis hingga akhir tahun bisa bertambah menuju 100 persen," kata Dirut RSUD Kota Bukittinggi, Vera Maya Sari di Bukittinggi, Minggu.

Data yang disampaikannya mencatat Kota Bukittinggi secara statistik berada di urutan kedua jumlah terbanyak capaian vaksinasi di Provinsi Sumatera Barat hingga Sabtu 4 Desember 2021.

"Kota Bukittinggi mencapai angka 90,07 persen capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama Sumatera Barat," kata dia.

Angka itu berada di urutan kedua setelah Kota Padang Panjang yang mencatat angka capaian vaksinasi sebesar 102,63 persen.

"Sementara untuk capaian vaksinasi dosis kedua Kota Bukittinggi berada di urutan ketiga dengan jumlah capaian sebanyak 52,55 persen," ujarnya.

Vera menyatakan imbauannya kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes untuk mengantisipasi penyebaran virus khususnya mendekati hari libur akhir tahun ini.

"Kota Bukittinggi sebagai kota tujuan wisata selalu ramai dikunjungi saat liburan, mari kita selalu mematuhi prokes melalui 5M agar daerah ini tetap terjaga kesehatannya," katanya.

Data statistik capaian vaksinasi COVID-19 Provinsi Sumatera Barat menampilkan capaian vaksinasi di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Dari data itu Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi dan Kota Sawahlunto berada di tiga besar jumlah capaian vaksinasi tertinggi di Sumatera Barat.

Sementara Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar berada di posisi terbawah.