Walikota Solok ajak masyarakat gunakan produk lokal

id Wali Kota Solok,umkm

Walikota Solok ajak masyarakat gunakan produk lokal

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar (kanan) (Antara/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengajak masyarakat setempat agar menggunakan dan mencintai produk-produk lokal dari pelaku UMKM dalam rangka memulihkan perekonomian.

"Pelaku UMKM harus terus bergerak guna untuk memajukan perekonomian. Produk-produk kita dipakai oleh orang luar negeri, namun kita yang lebih suka memakai produk luar negeri," kata Zul Elfian di Solok, Jumat (3/12).

Wali Kota Solok menyampaikan hal itu saat membuka kegiatan sosialisasi gerakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), Dengan tema 'Bangga Buatan Indonesia', sekaligus peluncuran aplikasi e-UMKM Manjua secara resmi.

Zul Elfian mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini, betul-betul kita dukung produk buatan lokal dengan senantiasa menggunakan produk lokal, khususnya produk asli Kota Solok," ujar dia.

Ia juga mengajak masyarakat agar mencintai produk-produk lokal dan harus selalu digalakkan dengan memulainya dari diri sendiri.

"Kita tidak bisa dengan berjalan saja, kita harus berlari guna memajukan pelaku usaha dan UMKM Kota Solok. mari kita bersama-sama berkreasi, berinovasi dan berkolaborasi," ujarnya.

Selain itu, Zul menyebutkan sudah cukup banyak hasil UMKM Kota Solok yang bermutu dan bernilai jual baik seperti bunga krisan asli Solok sudah diakui dan digunakan oleh Kota Solok dan juga daerah tetangga lainnya.

"Selanjutnya, kopi payo, batik Solok, bordir Solok, songket Solok juga sudah siap bersaing karena kualitas produknya sudah semakin baik," ujar dia.

Kota Solok juga memiliki produk makanan berupa rendang yang merupakan masakan terlezat di dunia, dan rendang terlezat di Provinsi Sumatera Barat dari Kota Solok.

"Otomatis, rendang terlezat di dunia merupakan rendang dari Kota Solok," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra bersama delegasi Indonseia juga telah mempromosikan hasil UMKM Kota Solok ke Belanda.

"Semoga akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi Kota Solok, terutama masyarakat para pelaku UMKM Kota Solok," ucap Zul.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, Zulferi mengatakan tujuan kegiatan ini guna mendorong masyarakat agar lebih mau untuk menggunakan produk dalam negeri daripada produk impor.

Salah satu caranya dengan mewajibkan seluruh instansi pemerintah menggunakan produksi dalam negeri.