Seluruh Ibu hamil di Sumbar ditargetkan mendapat vaksinasi COVID-19

id Vaksinasi ibu hamil

Seluruh Ibu hamil di Sumbar ditargetkan mendapat vaksinasi COVID-19

Seorang ibu hamil tengah melakukan vaksinasi di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu. (ANTARA/Muriara)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan seluruh ibu hamil termasuk ibu menyusui mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Sabtu mengatakan melalui vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui ini diharapkan 70 persen target vaksinasi di Sumbar bisa tercapai hingga akhir Desember 2021.

"Saat ini capaian vaksinasi kita di Sumbar secara umum sudah mencapai 56 persen," ucapnya dalam kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui di Auditorium Universitas Negeri Padang.

Ia mengucapkan terimakasih pada RSUP Dr M Djamil yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi tersebut. Setelah kegiatan hari ini, kegiatan vaksinasi untuk ibu hamil akan terus berlanjut dengan langsung turun ke lapangan bersama Dinkes kabupaten, kota dan provinsi.

Sementara itu, Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP DR M Djamil yang juga Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar dr. Dovy Djanas mengatakan antara vaksinasi untuk umum dan ibu hamil sama saja.

"Bedanya dengan yang umum hanya pada saat screening saja, sementara vaksin yang diberikan sama. Ibu hamil lebih berisiko tinggi terinfeksi COVID-19 dibandingkan masyarakat biasa," ucapnya.

Menurut dia, bila ibu hamil terkena COVID-19, gejalanya akan lebih parah dari pada orang biasa, sebab perut ibu hamil yang membesar membuat kapasitas kerja paru-parunya meningkat karena terdesak ke atas sehingga akan bertambah berat jika terpapar COVID-19.

Ia mengatakan capaian vaksinasi khusus ibu hamil masih rendah di Sumbar. Saat ini ada sekitar 20 ribu ibu hamil di provinsi tersebut, sedangkan berdasarkan data yang diterima belum sampai seribu ibu hamil yang mendapat vaksin.

Dari 20 ribu ibu hamil tersebut, pihaknya menargetkan sebanyak 14 ribu atau 70 persen ibu hamil mendapatkan vaksinasi sehingga target pemerintah untuk mencapai herd immunity bisa terwujud di Indonesia, khususnya di Sumbar.

Pada pelaksanaan vaksinasi hari ini, untuk menarik minat ibu hamil agar bersedia divaksin, pihaknya bersama instansi lain menyediakan sembako, hadiah, dan pelayanan USG gratis.

Disisi lain, salah satu peserta ibu hamil, Rima (24) mengatakan, awalnya dirinya ragu untuk divaksin, namun karena melihat banyaknya ibu hamil yang ikut vaksinasi, ia mulai memberanikan diri untuk ikut serta.

"Awalnya saya tidak ingin divaksin, tapi karena banyak ibu hamil lain yang sudah vaksin, saya jadi berani, ditambah lagi pada hari ini juga ada pelayanan USG gratis jadi saya bisa sekaligus periksa kehamilan saya," ucapnya.*