PLN Solok kunjungi Bupati Solok Selatan bahas jaringan kelistrikan

id PLN, jaringan listrik, solok selatan

PLN Solok kunjungi Bupati Solok Selatan bahas jaringan kelistrikan

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok kunjungi Bupati  Solok Selatan H Khairunas membahas berbagai rencana pembangunan jaringan kelistrikan di kabupaten itu. (ANTARA/HO-PLN)

Solok (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok kunjungi Bupati Solok Selatan H Khairunas membahas berbagai rencana pembangunan jaringan kelistrikan di kabupaten itu.

Selain bersilahturahmi, Manajer UP3 Sokok Sigit Hari Wibowo beserta jajaran manajemen UP3 Solok berkunjung guna membahas berbagai rencana pembangunan di UP3 Solok dimana PLN turut serta berkonstribusi.

Pada kunjungan Selasa, yang merupakan pertemuan pertama antara Manager UP3 Solok dengan Bupati Solok Selatan ini, Sigit menginformasikan tentang sistem kelistrikan di Sumatera Barat, khususnya di Kota Solok dan Kabupaten Solok.

Dijelaskan Sigit, PLN Sumbar memiliki pasokan listrik yang andal, aman, dan surplus. Terdata hingga November 2021 masih ada cadangan pasokan listrik sebesar kira-kira 125,11 MW dari total kapasitas 769,51 MW atau surplus 16,26% dari seluruh total daya yang dihasilkan.

Sigit menambahkan, PLN juga sedang terus mengembangkan sumber-sumber pembangkit baru yang sebagian besar diantaranya berasal dari energi terbarukan (EBT).

‘’Berdasarkan kondisi tersebut dan dengan surplus pasokan listrik yang dimiliki, kami menyambut positif rencana-rencana pembangunan kelistrikan di Solok Selatan,’’ sebut Sigit.

Dalam waktu dekat, PLN UP3 Solok berencana melakukan perluasan jaringan untuk tingkatkan keandalan, khususnya disekitar pelanggan bisnis dan industri. Hal ini sebagai peningkatan layanan untuk pelanggan besar di daerah tersebut.

‘Ke depan PLN berencana untuk melakukan perluasan jaringan di beberapa titik guna meningkatkan keandalan pasokan listrik bagi pelanggan, namun kami sangat membutuhkan dukungan dan peran serta Bupati dan Jajaran Pemda Solsel sebagai mediator dalam proses pembebasan lahan sehingga rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan dapat berjalan lancar,’’ sebut Sigit.

Sementara itu Bupati Solok Selatan H Khairunas menyampaikan, Pemda Solok Selatan berencana untuk menambah lampu jalan di beberapa titik daerah. ‘Kami mengapresiasi kunjungan dari Manajemen PLN, sehingga proses sinergi dan rencana pembangunan yang membutuhkan dukungan satu sama lain dapat disampaikan dengan cepat. Dalam waktu dekat mungkin kita bisa agendakan survei bersama lokasi lampu jalan,’’ sebutnya.

Pada akhir kunjungan, PLN dan Pemda Solok menyepakati untuk menjadwalkan agenda pertemuan lanjutan antara Pemda Solok Selatan, PLN UP3 Solok, dan seluruh Forkompinda di Solok Selatan.

‘’Nantinya kita dapat mempererat koordinasi dan meneruskan informasi hingga nagari terujung guna melakukan sosialisasi dan meningkatkan pemahaman informasi terkait; PJU, upaya percepatan PPJ dengan Surat Edaran Membayar Listrik Tepat Waktu, dukungan pengamanan jaringan PLN, dan lain sebagainya,’’ ungkap H Khairunas kemudian.

Dengan suplai listrik andal, layanan terbaik, dan sinergi yang baik dengan Pemda setempat, PLN UP3 Solok berharap dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan.

‘’Mengingat pentingnya suplai listrik hingga masyarakat di pelosok Solok Selatan, kami berharap dapat terus berperan dalam mengurangi masyarakat yang tidak berlistrik dan bersinergi meningkatkan ekonomi lewat jaringan listrik PLN,’’ sebut Sigit mengakhiri.*
PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok kunjungi Bupati Solok Selatan H Khairunas membahas berbagai rencana pembangunan jaringan kelistrikan di kabupaten itu. (ANTARA/HO-PLN)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2022