Pemkot terus lakukan pembangunan untuk wujudkan Solok lebih maju

id berita solok,pemkot solok,berita sumbar,Wali Kota Solok Zul Elfian Umar

Pemkot terus lakukan pembangunan untuk wujudkan Solok lebih maju

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar (kanan) (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat terus mengupayakan melakukan pembangunan dan pembenahan dalam rangka mewujudkan kota itu agar lebih maju, diberkahi, dan sejahtera.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, di Solok, Rabu mengatakan telah banyak upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah Kota Solok hingga di usia yang Ke-51 tahun untuk mewujudkan Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera.

"Meningkatkan pembangunan daerah butuh proses dan dilakukan secara bertahap. Alhamdulillah selama ini telah didukung dengan kualitas SDM yang semakin baik," ujar dia.

Ia mengatakan dari waktu ke waktu pemerintah daerah terus mengalami peningkatan kualitas kinerja dari setiap OPD, "Mustahil kita berhasil tanpa didukung dengan birokrasi yang bertanggung jawab dan selalu memberikan yang terbaik untuk Kota Solok," ujarnya.

Zul menjelaskan dalam mewujudkan impian Kota Solok yang diberkahi, pemerintah setempat telah membenahi sebanyak sembilan masjid yang ada di Kota Solok di periode sebelumnya, dan dilanjutkan pada periode sekarang.

“Saya berharap dengan keberadaan masjid-masjid di kota yang sudah bagus dapat meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Kota Solok,” ucapnya.

Sedangkan dalam mewujudkan kota yang maju, Solok sendiri telah melakukan revitalisasi lapangan merdeka dan pembenahan sungai batang lembang yang sebelumnya tidak terkelola dan tertata dengan baik.

"Sedangkan untuk sekarang bagian kiri dan kanan sungai batang lembang tersebut telah bisa dilewati, pembangunan stadion olahraga. Tentunya ini tak terlepas dari bantuan pemerintah pusat,” kata wako Solok.

Ia juga menjelaskan bahwa di Kota Solok sudah mulai dilakukan gerakan ekonomi kreatif. Ia sangat mendukung masyarakat yang ingin berusaha dengan membantu modal usaha atau membantu masalah produksi bahkan pemasarannya

"Insyaallah kami akan fasilitasi masyarakat yang ingin bangkit kembali, alhamdulillah dampaknya juga positif untuk Kota Solok yang mana sebelumnya Kota Solok belum memiliki batik atau songket sekarang sudah ada batik dan songket khas Solok,” ucapnya.

Selain itu, kata Zul Elfian untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Kota Solok juga telah melakukan program Solok cerdas di mana wajib belajar 12 tahun. Bahkan saat ini, kata dia tidak ada di Kota Solok anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Ia juga telah melanjutkan pembangunan rumah sakit daerah yang akan selesai pada tahun 2023 dan telah dapat dioperasionalkan.

"Kami juga ada layanan PSC 119, bagi masyarakat yang butuh bantuan medis, insyaallah ambulance dan petugasnya siap 24 jam membantu,” ucap wako.

Disisi lain, Zul mengakui tantangan terberat dalam pembangunan daerah adalah keterbatasan anggaran.

Wako juga mengakui untuk program pembangunan Kota Solok sendiri masih menyesuaikan dengan periode sebelumnya demi mewujudkan masyarakat yang diberkahi.

"Sedangkan untuk promosi sendiri kita juga gencar mengajak ASN dan masyarakat untuk memakai produk khas Kota Solok. Bahkan kepada pimpinan OPD yang Dinas Luar Daerah kita minta untuk membawa cenderamata khas daerah kita, menariknya sekarang wakil wali kota solok sedang mempromosikan produk-produk UMKM kita di Belanda dan Serbia,” ujar dia.