Museum Buya Hamka Kabupaten Agam raih Juara 2 Pesona Indonesia 2021

id Anugerah Pesona Indonesia 2021,museum buya hamka,agam,sumbar

Museum Buya Hamka Kabupaten Agam raih Juara 2 Pesona Indonesia 2021

Kabupaten Agam raih Juara 2 Anugerah Pesona Indonesia 2021. (Antara/HO-Dokumen Pribadi)

Bukittinggi, (ANTARA) - Kabupaten Agam berhasil mengukir prestasi nasional dalam kategori Situs Sejarah pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021 melalui Museum Buya Hamka yang meraih Juara 2 dalam ajang kepariwisataan tersebut.

Kegiatan penganugerahan dilaksanakan pada Selasa (30/11) di Stable Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yang dihadiri langsung Bupati Agam, Andri Warman.

Juara pertama diraih oleh Megalitik Besemah Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan dan Situs Gajah Mada Kabupaten Sabu Raijua Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai Juara 3.

Bupati Agam Andri Warman dalam keterangan tertulis menyatakan kebanggaannya dengan prestasi luar biasa Kabupaten Agam dengan raihan prestasi karena daerah itu juga untuk pertama kalinya ikut serta dalam Anugerah Pesona Indonesia.

"Syukur alhamdulillah, Kabupaten Agam untuk pertama kalinya ikut pada ajang angerah pesona Indonesia 2021 meraih juara II, ini merupakan prestasi bersama untuk penyemangat kita bersama pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan daerah berbasis pariwisata," kata Andri Warman.

Ia mengucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Agam khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya baik di kampung halaman maupun di perantauan yang telah berpartisipasi penuh dalam memenangkan Kabupaten Agam pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021.

"Terimakasih kepada segenap organisasi perangkat daerah, kecamatan, Walinagari, Wali Jorong, juga kepada Tim Pemenangan Agam Menuju API 2021 dan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang telah mendukung penuh Kabupaten Agam untuk bisa menjadi yang terbaik pada event pariwisata tingkat nasional ini," ujarnya.

Rektor UM Sumbar Riki Saputra mengucapkan selamat dan sukses kepada Bupati Agam DAndri Warman dan segenap masyarakat Kabupaten Agam Khususnya dan Sumatera Barat umumnya atas capaian prestasi ini.

"Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sebagai mitra strategis pemerintah akan selalu memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam usaha-usaha pengembangan daerah dan pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Ia menyebut UM Sumbar mendukung penuh memenangkan Kabupaten Agam, karena ini kali pertama bagi Kabupaten Agam ikut pada ajang Anugerah Pesona Indonesia dan meraih peringkat Juara II Terbaik tingkat Nasional.

"Seperti tahun sebelumnya 2020 kami juga mensupport Kabupaten Limapuluh Kota yang juga untuk pertama kalinya saat itu ikut kegiatan ini dan alhamdulillah juga meraih peringkat Juara II terbaik untuk Kategori Kampung Adat yaitu Kampung Wisata Sarugo, ini Salah satu wujud komitmen dari kami perguruan tinggi yang tidak hanya menjadi Menara gading, tapi kami selalu berusaha untuk menjadi Menara air yang dapat langsung memberikan manfaat bagi masyarakarat," jelasnya.

Ketua Tim Pemenangan Agam Menuju API 2021 Moch Abdi menyebut Anugerah Pesona Indonesia telah dilaksanakan semenjak 2016 dan pada tal2021 merupakan tahun ke enam.

"API Awards 2021 ini adalah kali pertama Kabupaten Agam mengikuti dari 18 kategori yang dikompetisikan, setelah melalui seleksi panitia API, Museum Buya Hamka Kabupaten Agam masuk Nominasi untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler, proses ini berlangsung semenjak 1 Juli 2021 hingga akhir oktober 2021," katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Agam mengawali dengan dilaksanakan kegiatan Lounching Vote Agam Menuju API 2021 bersama Bupati Agam dan Rektor UM Sumbar yang dilaksanakan di Museum Buya Hamka, Sungai batang pada 2 Juli 2021 yang lalu.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Agam baik diranah maupun di perantauan yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari Bapak Ismunandi Sofyan (DPRD Propinsi), Bapak Irfan Amran (DPRD Agam), Asosiasi Pokdarwis Agam, Asosiasi Homestay Agam, Asosiasi Ekraft Agam dan beberapa dinas (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di Kabupaten Agam.

"Ucapan terimakasih yang tak bertepi kami sampaikan kepada Bapak Bupati Agam, Ketua DPRD Kabupaten Agam atas kepercayaan ini, serta penghargaan yang tak terhingga kepada segenap komponen masyarakat Kabupaten Agam khusunya dan Sumatera Barat Umumnya serta dunsanak-dunsanak perantau baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti di Malaysia, Brunai Darussalam dan Australia yang telah berpartisipasi penuh untuk prestasi Kabupaten Agam ini dan juga kepad rekan-rekan media televisi, cetak dan online yang telah mengawal kegiatan ini selama kurang lebih empat bulan ini," jelasnya.

Ia berharap semoga capaian prestasi ini dapat menambah semangat bersama dalam membangun daerah melalui optimalisasi potensi lokal melalui pemberdayaan masyarakat berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2022