KONI Payakumbuh buka pendaftaran calon Ketum periode 2021-2025

id KONI) Kota Payakumbuh ,berita payakumbuh,berita sumbar

KONI Payakumbuh buka pendaftaran calon Ketum periode 2021-2025

Ketua Steering Committee (SC) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh Jon Rizal. (Antara/HO-Koni Payakumbuh)

Payakumbuh, (ANTARA) - Steering Committee (SC) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan mulai membuka pendaftaran untuk calon Ketua Umum (Ketum) induk cabang olahraga periode 2021-2025 pada Rabu, 1 Desember 2021.

Ketua SC Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Payakumbuh Jon Rizal di Payakumbuh, Selasa mengatakan kegiatan Musorkot untuk pemilihan Ketum KONI Payakumbuh akan digelar pada 8 Desember 2021.

"Segala persiapan untuk pelaksanaan musyawarah olahraga telah rampung. Berdasarkan hasil keputusan rapat SC, Musorkot akan dilaksanakan di Aula Kantor Balaikota Payakumbuh di eks Lapangan Poliko Payakumbuh," kata dia.

Ia mengatakan sesuai jadwal tahapannya akan mulai dibuka pada Rabu (1/12) ini dan penerimaan berkas pendaftaran bagi calon ketua umum dibuka sepanjang jam kerja pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

"Berkas akan diterima selama jam kerja di kantor Sekretariat KONI Payakumbuh yang ada di Kubu Gadang, Payakumbuh Timur," ujarnya.

Menurutnya panitia juga telah menyebar surat pemberitahuan ke seluruh cabang olahraga termasuk menyampaikan undangan ke pengurus KONI Provinsi Sumatera Barat.

Dalam Musorkot KONI tahun 2021 ini pihaknya akan menyampaikan pemberitahuan kepada pemangku kepentingan olahraga.

"Tentunya dalam penyelenggaraan Musorkot ini, kita juga minta dukungan dari pemerintah daerah, DPRD, unsur Forkopimda para tokoh serta seluruh unsur masyarakat. Tekad kita bagaimana proses Musorkot KONI 2021 ini bisa berjalan sukses dan lancar serta mendapatkan ketua yang benar-benar paham dengan olahraga," katanya.

Ketua Penjaringan Jeffry Ricardo Magno mengatakan berdasarkan tatib pemilihan Ketua Umum KONI, terdapat beberapa syarat dan kriteria bagi pendaftar calon ketua umum KONI Kota Payakumbuh.

Persyaratan ini juga telah sesuai dengan AD/ART organisasi, di antaranya mendapat dukungan tertulis dari pengurus kota (pengkot) cabang olahraga (cabor) minimal sebanyak 20 persen dari cabor yang memenuhi syarat dan memiliki KTP Payakumbuh.

"Untuk persyaratan selengkapnya bisa ditanyakan atau diambil langsung di sekretariat KONI Payakumbuh atau menghubungi panitia pelaksana kegiatan ini," ujarnya.

Selain itu, pihaknya membuka pendaftaran dari tanggal 1 Desember 2021 sampai dengan tanggal 6 Desember 2021.

"Rentang waktu itu sudah termasuk penyerahan kembali formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi dengan semua persyaratan yang telah ditentukan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Payakumbuh Yusra Maiza mengatakan pihaknya juga sudah menyusun metode pelaksanaan serta draft tata-tertib pemilihan.

"Siapa pun calon ketua umum KONI yang terpilih nantinya dapat melanjutkan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus sebelumnya, termasuk memperbaiki apa saja yang menjadi kekurangan selama ini," ungkapnya. (*)