Permudah petugas, Dukcapil Payakumbuh sediakan nama dan alamat warga belum divaksin

id Dukcapil Payakumbuh,sediakan data,warga belum vaksin,berita payakumbuh,berita sumbar,Wal Asri

Permudah petugas, Dukcapil Payakumbuh sediakan nama dan alamat warga belum divaksin

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh Wal Asri. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat membantu menyediakan data berupa nama dan alamat warga yang belum divaksin COVID-19 guna mempermudah petugas dalam mencari dan melakukan sosialisasi.

Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri di Payakumbuh, Selasa mengatakan data berupa nama dan alamat tersebut yang disediakan oleh pihaknya telah dipisahkan dan dikelompokkan sampai ke tingkat rukun tetangga (RT).

"Kita membantu berdasarkan badan data warga yang telah divaksin yang diberikan oleh Dinas Kominfo dan Dinas Kesehatan. Data ini yang kita padankan dengan data warga kita di Payakumbuh," ujarnya didampingi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data (PD) Gusmeri.

Ia mengatakan untuk menjaga kerahasiaan data dari warga Payakumbuh, data yang disediakan dan diberikan oleh Disdukcapil hanya berupa nama dan alamat dari warga yang belum divaksin.

"Ada batasan data yang kami berikan, hanya nama dan alamat. Untuk NIK dan data lainnya tidak diberikan guna menjaga kerahasiaan data pribadi sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

Menurutnya, data yang disediakan ini akan mempermudah petugas di tingkat RT untuk mendatangi, menyosialisasikan dan mengajak warga yang belum divaksin agar mau divaksin.

"Ini akan sangat membantu untuk RT, RW, Kelurahan dalam mempercepat proses vaksinasi COVID-19 karena sasarannya jelas dan data ini akan kita perbarui setiap pekannya," ungkapnya.

Ia mengatakan disediakan data dan nama warga yang belum divaksin ini merupakan ide dari Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19.

"Wali Kota Payakumbuh memang sangat fokus untuk percepatan vaksinasi COVID-19, banyak ide yang dilahirkan beliau salah satunya dengan menyediakan nama dan alamat warga yang belum divaksin," katanya.

Hingga Selasa (30/11), jumlah warga Kota Payakumbuh yang telah divaksin untuk dosis pertama mencapai 71,66 persen. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2022