Pemkot dan warga Pariaman bersinergi buka jalan sembilan kilometer tanpa gunakan APBD

id berita pariaman,berita sumbar,jalan

Pemkot dan warga Pariaman bersinergi buka jalan sembilan kilometer tanpa gunakan APBD

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar (dua kiri) meninjau pengerjaan pembukaan jalan di Pariaman Selatan. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Partisipasi masyarakat tinggi sedangkan anggaran daerah rendah,
Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama warga setempat bersinergi membuka jalan baru sepanjang sembilan kilometer di daerah itu tanpa menggunakan APBD.

"Partisipasi masyarakat tinggi sedangkan anggaran daerah rendah. Namun dengan adanya partisipasi ini kinerja pembangunan bisa menjadi cepat," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Senin.

Karena anggaran daerah berkurang akibat pandemi COVID-19 maka Pemkot Pariaman tidak dapat berbuat banyak untuk pembangunan daerah.

Oleh karena itu, lanjutnya warga Pariaman bergotong royong serta berpartisipasi mengumpulkan biaya untuk mendanai pembukaan jalan.

Karena partisipasi masyarakat yang tinggi untuk membuka jalan, kata dia maka Pemkot Pariaman menyediakan alat berat guna mempermudah kegiatan itu.

"Nanti kami upayakan untuk pengerasan dan pengaspalan jalan tersebut," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya akan mengeraskan jalan tersebut melalui APBD pada 2022 dan diupayakan pengaspalan melalui APBN pada 2023.

Ia menyebutkan adapun lokasi pembukaan jalan tersebut yaitu di Pariaman Selatan sekitar tujuh kilometer, Pariaman Utara satu kilometer, dan Pariaman Timur satu kilometer.

Sementara Ketua DPRD Pariaman, Fitri Nora mengapresiasi pembukaan jalan tanpa menggunakan APBD setempat yang hal itu dapat memupuk semangat gotong royong di daerah itu.

"Bersama kita bisa, karena tujuannya baik. Apalagi kegiatannya pembukaan jalan," ujarnya.

Dengan jalan terbuka, lanjutnya maka dapat mempermudah warga membawa hasil pertanian serta dapat membuka potensi ekonomi baru di daerah

Apalagi semasa pandemi COVID-19 perekonomi warga Pariaman terdampak sehingga diharapkan pada 2022 dengan adanya pembukaan jalan itu maka ekonomi di daerah itu meningkat.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022