PWI beri pelatihan jurnalistik puluhan kader muda LDII Agam

id Agam,PWI Agam,LDII,Sumbar

PWI beri pelatihan jurnalistik puluhan kader muda LDII Agam

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri sedang membuka pelatihan jurnalistik bagi generasi muda LDII Agam, Minggu (28/11). (ANTARA/ Ari Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Agam Sumatera Barat memberikan pelatihan jurnalistik kepada kader Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) setempat yang digelar di Masjid Hijah Nursima Syarif, Minggu.

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri saat membuka pelatihan tersebut di Lubuk Basung, Sabtu mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat menjadi jurnalis agamais, pancasilais, tidak membuat berita bohong dan jangan terpengaruh paham sekuler.

"Ini harus dilakukan peserta apabila menjadi wartawan nantinya," katanya.

Ia mengatakan apabila ajaran Islam dijalankan dengan baik maka bangsa ini akan baik dan apabila umat beragama menjalanlan agamanya, pasti negara ini akan baik

Untuk itu, jadilah kalian jurnalis yang mempunyai paham idealis dengan mewarnai nuansa Islam.

"Warnai berita dengan nuansa Islam dalam menyejukkan pembaca," katanya.

Ia berpesan peserta untuk bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan serap ilmu jurnalistik yang diberikan pengurus PWI Agam.

Ketua PWI Agam, Mursyidi mengatakan pelatihan jurnalistik bagi generasi muda LDII Agam ini merupakan yang kesembilan pada program safari jurnalistik yang diadakan PWI Agam dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 2022.

"Kita mengadakan pelatihan itu di 18 lokasi di delapan kecamatan," katanya.

Materi jurnalistik disampaikan oleh pengurus PWI Agam secara bergantian dan setelah materi diberikan dilanjutkan dengan praktek membuat berita. Berita yang dihasilkan, langsung dibahas satu persatu oleh pengurus.

"Kami akan mengkoreksi berita yang dibuat. Dengan cara ini, mereka bisa membuat berita yang sesuai dengan moto hari ini belajar dan hari ini bisa membuat berita," katanya.

Sementara itu, Ketua LDII Agam Hadi Saputra menambahkan ada 39 peserta berasal dari generasi muda dan mudi LDII Agam tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Ampeknagari, Tanjungmutiara dan lainnya.

"Pelatihan selama satu hari penuh dan kami juga memberikan hadiah bagi mereka yang menulis berita dengan baik," katanya.

Pelatihan jurnalistik ini berkat kerjasama antara LDII Agam dengan PWI setempat dengan harapan agar generasi muda bisa paham tentang teknik penulisan berita.

Berita mereka akan ditempel di majalah dinding di kantor LDII Agam dan majalah milik LDII. Ini program LDII bagi generasi muda untuk menjadikan generasi muda paham akan agama, taat menjalankan syariat, menjadikan generasi muda berprilaku baik dan mandiri.

"Setelah generasi muda tidak lagi mengantungkan hidup pada orang tua, justru meringankan beban. Ini tujuan dari pelatihan itu dalam membekali mereka," katanya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022