Satlantas Polres Bukittinggi tingkatkan operasi disiplin berkendara jelang Nataru

id polres bukittinggi,operasi zebra

Satlantas Polres Bukittinggi tingkatkan operasi disiplin berkendara jelang Nataru

Satlantas Polres Bukittinggi. (ANTARA/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Polres Bukittinggi, Sumatera Barat, menggencarkan kembali operasi dan razia kendaraan di daerah itu untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan berlalu lintas masyarakat dan pengunjung di daerah itu menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru),.

"Operasi Zebra dilakukan hingga akhir tahun ini, sekalipun operasi ini berakhir kita tetap melakukan hunting kepada pengendara untuk meningkatkan disiplin dan antisipasi kecelakaan," kata Kasatlantas Polres Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat di Bukittinggi, Sabtu.

Ia menyebut selain tetap fokus kepada Operasi Zebra, Satlantas Polres Bukittinggi juga melakukan giat vaksinasi kepada masyarakat.

"Seperti hari ini, kita aktif sosialisasi dan membantu masyarakat untuk proses vaksinasi massal yang dilakukan sesuai arahan pimpinan baik dari Polri," kata dia.

Ghanda mengatakan pihaknya melakukan razia kendaraan dengan pendekatan persuasif kepada pengendara khususnya menyambut Nataru.

"Walaupun libur sudah ditiadakan oleh pemerintah, Kota Bukittinggi ini sebagai daerah tujuan wisata selalu meningkat mobilitasnya jelang akhir tahun, antisipasinya juga dari kita mendisiplinkan kendaraan yang berpotensi melanggar aturan," ujarnya.

Menurutnya, operasi massal jelang akhir tahun akan dilakukan bekerjasama dengan instansi lainnya untuk mengefektifkan kegiatan itu.

"Perkiraan masyarakat yang datang ke Bukittinggi akan meningkat pesat di Nataru, kita bekerjasama dengan pihak lainnya dari Pemkot Bukittinggi dan TNI juga nantinya," kata dia.

Satlantas Polres Bukittinggi juga melakukan sosialisasi dini tentang aturan lalu lintas kepada masyarakat yang dilakukan sejak dini terhadap anak usia sekolah.

"Bahkan kita menerima kunjungan studi tour tentang Undang-Undang Lalu Lintas dari satuan pendidikan yang ada di Bukittinggi, Unit Adiyaksa Satlantas menerima secara terbuka demi pendidikan lalu lintas," kata AKP Ghanda.

Selain operasi zebra dan hunting, Satlantas Polres Bukittinggi juga rutin melakukan operasi penertiban kendaraan berkenalpot tidak standar dan antisipasi kegiatan balap liar yang meresahkan masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022