Elnusa Petrofin gelar groundbreaking terminal LPG Kolaka, dukung peningkatan ketersediaan LPG

id Elnusa,Petrofin, LPG, Pertamina

Elnusa Petrofin gelar groundbreaking terminal LPG Kolaka, dukung peningkatan ketersediaan LPG

Dukung Pertamina (Persero) dalam ketersediaan LPG di Wilayah Sultra, Elnusa Petrofin gelar groundbreaking terminal LPG Kolaka. (ANTARA/HO-EPN)

Kolaka (ANTARA) -
Dalam rangka mendukung peningkatan ketersediaan LPG (Elpiji) di Wilayah Sulawesi Tenggara, PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk menggelar seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Jumat pagi, 26 November 2021.

Dimana lokasi kegiatan tepatnya di sebelah tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka di daerah Kolakaasi.

Groundbreaking yang dilakukan oleh EPN ini sebagai upaya untuk turut mendukung Pertamina (Persero) dalam menjaga cadangan LPG dan juga sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastuktur penyimpanan Elpiji, seperti dirilis yang diterima, Jumat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin beserta jajaran Direksi Elnusa Petrofin lainnya, VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Isnanto Isnanto Suseno, Executive GM Marketing Operation Region VII (Sulawesi) Pertamina Agus Dwi Djatmoko.

Selain itu turut hadir Bupati Kolaka Bapak H. Ahmad Safei, SH. MH beserta jajaran Forkominda Kabupaten Kolaka dan juga jajaran kepala dinas terkait.

Terminal LPG Kolaka ini kedepannya akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG dan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Sehingga total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tanki Bola (Spherical Tank) yang dengan kapasitas 2 x 1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas Pompa LPG, Loading Bay ke Skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 24 Bulan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud Elnusa petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan keberadaan Terminal LPG ini mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG khususnya di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat

Dukung Pertamina (Persero) Dalam Ketersediaan LPG di Wilayah Sultra, Elnusa Petrofin gelar groundbreaking terminal LPG Kolaka. (ANTARA/HO-EPN)
Sedangkan VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno menyampaikan “Groundbreaking ini merupakan bentuk komitmen wujud kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara. Dan kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini” tutup Iswanto.

Sebagai penutup dalam acara Groudbreaking TLPG ini, H. Ahmad Safei, SH. MH mengatakan dengan adanya pembangunan Terminal LPG oleh Pertamina dan Elnusa Petrofin ini ia berharap nantinya pemenuhan kebutuhan LPG semakin baik dan mampu menciptakan peluang peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dukung Pertamina (Persero) Dalam Ketersediaan LPG di Wilayah Sultra, Elnusa Petrofin gelar groundbreaking terminal LPG Kolaka. (ANTARA/HO-EPN)