Kemenparekraf RI tetapkan Tanah Datar salah satu kabupaten kreatif seni pertunjukan

id berita tanah datar,berita sumbar,bup

Kemenparekraf RI tetapkan Tanah Datar salah satu kabupaten kreatif seni pertunjukan

Bupati Tanah Datar, Eka Putra. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Tanah Datar ditetapkan bersama daerah lainnya berdasarkan penilaian berita acara uji petik yang dilakukan Badan Ekonomi Kreatif pada Maret 2019,
Batusangkar (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) mentapkan Tanah Datar Sumatera Barat sebagai salah satu kabupaten kreatif dibidang seni pertunjukan di Indonesia 2021.

"Tanah Datar ditetapkan bersama daerah lainnya berdasarkan penilaian berita acara uji petik yang dilakukan Badan Ekonomi Kreatif pada Maret 2019," kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Ia mengatakan diseni ini sekarang Tanah Datar sudah memiliki sekitar 150 sanggar yang tersebar pada 75 nagari dan sebanyak 52 sanggar diantaranya sudah berbadan hukum dan bernaung dalam organisasi bernama Komunitas Seni Luhak Nan Tuo.

Sementara dibidang pergelaran pariwisata Pemkab Tanah Datar juga mewajibkan satu nagari satu iven wisata dan menjadi salah satu program unggulan daerah yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Daerah (RPJMD).

"Tanah Datar secara keseluruhan memiliki 75 nagari, artinya dalam setahun ada sekitar 75 kegiatan wisata yang bisa digelar di nagari yang mengangkat budaya dan kearifan lokal daerah setempat," katanya.

Ia mengharapkan kepada pegiat pariwisata agar setiap kegiatan yang digelar di Tanah Datar harus mengedepankan kebudayaan dan kearifan lokal.

Artinya secara otomatis kegiatan itu tidak hanya sekedar menghimpun orang banyak, bukan sekedar eforia atau pesta semata, melainkan kegiatan yang bisa melestarikan alam dan pelestarian budaya daerah.

"Tentunya jika perhelatan itu berhasil maka akan berdampak terhadap subsektor ekonomi kreatif, seperti fotografer, konten kreator, videographer, desain grafis, kuliner, fashion, musik, dan lain sebagainya tentu akan hidup dan berkembang," katanya.

Adapun beberapa kegiatan ditingkat nagari yang sudah dilaksanakan diantaranya, Galundi Singkarak Festival, Festival Pesona Adat Nagari Puncak Pato, Festival Pesona Ngalau Pangian, Batipuh Culture, Festival Pesona Sumpu, pacu perahu, pacu jawi, pacu biduak, alek anak Nagari Andaleh Baruh Bukik, dan berbagai iven menarik lainnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021